Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-C Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Pgri 6 Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-C Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Pgri 6 Malang

Susanti Hermina Rihi - Nama Orang; Dra. Siti Halimatus Sakdiyah, S.Pd., M.Pd - Nama Orang; Rofi’ul Huda, M. Pd - Nama Orang;

Hasil observasi dikelas VIII-C SMP PGRI 6 Malang diketahui keaktifan dan hasil belajar siswa rendah. Rendahnya keaktifan belajar dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas VIII-C mata pelajaran IPS dengan persentase 21,21% (kategori kurang aktif).
Melihat permasalahan keaktifan dan hasil belajar siswa sangat rendah maka peneliti menerapkan model pembelajaran Problem Solving dalam penelitian dikelas VIII-C SMP PGRI 6 Malang. Problem Solving merupakan proses pembelajaran yang menuntut siswa untuk menyelesaikan masalah yang dibuat oleh pendidik ataupun fakta yang ada di lingkungan kemudian dipecahkan dalam pembelajaran di kelas dengan berbagai cara dan teknik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII-C SMP PGRI 6 Malang melalui model pembelajaran Problem Solving.
Rancangan penelitian ini digunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggard. Penelitian dilaksanakan di SMP PGRI 6 Malang siswa kelas VIII-C tahun ajaran 2017/2018 terdiri 33 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan, keterlaksanaan tes, dan catatan temuan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase keaktifan 64% kategori aktif, persentase hasil belajarnya 61% dengan nilai rata-rata 71 kategori cukup baik. Siklus II persentase keaktifan 80% kategori sangat aktif, persentase hasil belajarnya 82% dengan rata-rata 76 kategori sangat baik. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru IPS SMP PGRI 6 Malang dapat menerapkan model pembelajaran Problem Solving dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menjadi referensi bagi siswa akan pentingnya keaktifan belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, diharapkan dapat dilakukan dengan baik agar mendapatkan hasil yang optimal


Ketersediaan
2129285/SB/2018KKI 910 RIH p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 RIH p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xv, 84 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed 1
Subjek
Model pembelajaran Problem Solving
Keaktifan
Skripsi
Hasil Belajar Siswa.
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik