Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-C Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Pgri 6 Malang
Hasil observasi dikelas VIII-C SMP PGRI 6 Malang diketahui keaktifan dan hasil belajar siswa rendah. Rendahnya keaktifan belajar dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas VIII-C mata pelajaran IPS dengan persentase 21,21% (kategori kurang aktif).
Melihat permasalahan keaktifan dan hasil belajar siswa sangat rendah maka peneliti menerapkan model pembelajaran Problem Solving dalam penelitian dikelas VIII-C SMP PGRI 6 Malang. Problem Solving merupakan proses pembelajaran yang menuntut siswa untuk menyelesaikan masalah yang dibuat oleh pendidik ataupun fakta yang ada di lingkungan kemudian dipecahkan dalam pembelajaran di kelas dengan berbagai cara dan teknik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII-C SMP PGRI 6 Malang melalui model pembelajaran Problem Solving.
Rancangan penelitian ini digunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggard. Penelitian dilaksanakan di SMP PGRI 6 Malang siswa kelas VIII-C tahun ajaran 2017/2018 terdiri 33 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan, keterlaksanaan tes, dan catatan temuan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase keaktifan 64% kategori aktif, persentase hasil belajarnya 61% dengan nilai rata-rata 71 kategori cukup baik. Siklus II persentase keaktifan 80% kategori sangat aktif, persentase hasil belajarnya 82% dengan rata-rata 76 kategori sangat baik. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru IPS SMP PGRI 6 Malang dapat menerapkan model pembelajaran Problem Solving dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menjadi referensi bagi siswa akan pentingnya keaktifan belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, diharapkan dapat dilakukan dengan baik agar mendapatkan hasil yang optimal
2129285/SB/2018 | KKI 910 RIH p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain