Electronic Resource
Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII A SMP PDRI 01 Singosari Pada Materi Usaha Dan Energi Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Tahun Ajaran 2015 - 2016
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa SMP PGRI 01 Singosari melalui model pembelajaran learning cycle 5E. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan pokok materi Usaha dan Energi. Siklus pertama dengan sub materi Usaha dan siklus kedua dengan sub materi energi. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 di kelas VIII-A SMP PGRI 01 Singosari. Subjek peneliti adalah siswa kelas VIII-A yang berjumlah 31 siswa. Pada penelititan ini menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E diawali dengan fase I yaitu, Fase Engagement (fase mengajak) dan selanjutnya secara berurutan sampai pada lima fase pembelajaran pada model pembelajaran Learning Cycle 5E yaitu, Fase Exploration (fase menyelidiki), Fase Exlaination (fase menjelaskan), Fase Elaboration/Extention (fase memperluas) dan Fase Evaluation (fase evaluasi). Berdasarkan hasil analisis penelitian keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 85,30% dan pada siklus II adalah 95,13%, sehingga kualitas9 pembelajaran berapa pada kriteria baik. Dari persentase motivasi belajar siswa pada siklus I adalah 70,83% dan pada siklus II adalah 87,5% dan mengalami peningkatan. Persentasi prestasi belajar siswa pada pra siklus adalah 61,12%, siklus I adalah 70,19% dan pada siklus II adalah 78,18% sehingga prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian ini dapat di simpulkan bahwa Model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa kelas VIII-A SMP PGRI 01 Singosari
2129279/SB/2018 | KKI 530 ADU u/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain