Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII A SMP PDRI 01 Singosari Pada Materi Usaha Dan Energi Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Tahun Ajaran 2015 - 2016

Electronic Resource

Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII A SMP PDRI 01 Singosari Pada Materi Usaha Dan Energi Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Tahun Ajaran 2015 - 2016

Jeflandi Ardinata Umbu S. Wolu Adung - Nama Orang; Hestiningtyas Yuli Pratiwi, S.Pd., M.Pd - Nama Orang; Drs. Choirul Huda, M.Si - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa SMP PGRI 01 Singosari melalui model pembelajaran learning cycle 5E. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan pokok materi Usaha dan Energi. Siklus pertama dengan sub materi Usaha dan siklus kedua dengan sub materi energi. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 di kelas VIII-A SMP PGRI 01 Singosari. Subjek peneliti adalah siswa kelas VIII-A yang berjumlah 31 siswa. Pada penelititan ini menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E diawali dengan fase I yaitu, Fase Engagement (fase mengajak) dan selanjutnya secara berurutan sampai pada lima fase pembelajaran pada model pembelajaran Learning Cycle 5E yaitu, Fase Exploration (fase menyelidiki), Fase Exlaination (fase menjelaskan), Fase Elaboration/Extention (fase memperluas) dan Fase Evaluation (fase evaluasi). Berdasarkan hasil analisis penelitian keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 85,30% dan pada siklus II adalah 95,13%, sehingga kualitas9 pembelajaran berapa pada kriteria baik. Dari persentase motivasi belajar siswa pada siklus I adalah 70,83% dan pada siklus II adalah 87,5% dan mengalami peningkatan. Persentasi prestasi belajar siswa pada pra siklus adalah 61,12%, siklus I adalah 70,19% dan pada siklus II adalah 78,18% sehingga prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian ini dapat di simpulkan bahwa Model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa kelas VIII-A SMP PGRI 01 Singosari


Ketersediaan
2129279/SB/2018KKI 530 ADU u/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 ADU u/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xi, 92 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed 1
Subjek
Motivasi
Prestasi Belajar
Learning Cycle 5E
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik