Electronic Resource
Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMPK Marsudisiwi Malang
Berdasarkan hasil observasi awal wawancara dengan kepala sekolah dan guru IPA terhadap proses pembelajaran fisika di SMPK Marsudisiwi Malang, sebagian besar siswa menganggap fisika itu sulit dan ditemukan beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa kelas VII SMPK Marsudisiwi Malang dalam pembelajaran Fisika, yaitu pembelajaran fisika yang digunakan di sekolah tersebut sering menggunakan metode ceramah dan siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan siswa kurang paham akan konsep-konsep fisik. Jika diberi kesempatan bertanya, siswa tidak ada yang bertanya. Akibatnya siswa tidak dapat menyerap ilmu secara optimal. Peneliti memilih menggunakan pembelajaran dengan metode eksperimen, karena pembelajaran metode eksperimen merupakan pembelajaran proses yang memiliki lima langkah dasar yaitu : merumuskan masalah, hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dengan data, dan menarik kesimpulan. Sehingga siswa mendapat pengetahuan yang berulang-ulang dari proses pembelajaran metode eksperimen
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dan prestasi belajar siswa kelas VII SMPK Marsudisiwi Malang melalui pembelajaran dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan Kalor dan Siklus II pokok bahasan Perpindahan Kalor.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015 – 2016 dikelas VII SMPK Marsudisiwi Malang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPK Marsudisiwi Malang yang berjumlah 32 siswa.
Berdasarkan analisis data pembelajaran metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari siklus I yaitu 62.50%, dan pada siklus II yaitu 87.50%. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa, dengan nilai rata-rata kelas sebelum pembelajaran dengaan metode eksperimen adalah 46.88% pada siklus I adalah 62.50% dan pada siklus II adalah 87.50%.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi belajar siswa kelas VII SMPK Marsudisiwi Malang.
2129168/SB/2018 | KKI 530 MAM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain