Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5 E Dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Singosari Malang Tahun Ajaran 2017/2018
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E dan keterampilan proses sains terhadap prestasi belajar fisika. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Singosari, semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang terpilih menggunakan teknik random sampling adalah kelas TKJ-I dan TKJ-2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas MM-3 dan AV-2 sebagai kelompok kontrol. Data dianalisis menggunakan metode analisis anova dua jalur.
Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap keterampilan proses sains dengan diperoleh nilai FHitung = 68.262 ≥ FTabel = 3.91 dan nilai sig 0.000 ≤ 0.005. 2) terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap prestasi belajar siswa dengan diperoleh nilai FHitung =25.404 ≥ FTabel = 3.91 dan nilai sig 0.000 ≤ 0.005. Rata-rata nilai kelompok eksperimen adalah 81.66 lebih besar dari kelompok kontrol dengan diperoleh nilai rata-rata sebesar 63.98. 3) ada interaksi antara model pembelajaran learning cycle 5E dan keterampilan proses sains terhadap prestasi belajar fisika dengan diperoleh nilai FHitung = 4.232 ≥ FTabel = 3.91 dan nilai sig 0.042 ≤ 0.005.
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa; (1) ada pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap keterampilan proses sains, (2) ada pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap prestasi belajar; (3) ada interaksi antara model pembelajaran learning cycle 5E dan keterampilan proses sains terhadap prestasi belajar fisika
2129135/SB/2018 | KKI 530 SUK p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain