Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5 E Dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Singosari Malang Tahun Ajaran 2017/2018

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5 E Dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Singosari Malang Tahun Ajaran 2017/2018

Mateus Muda Sukun - Nama Orang; Dr. H. Sudi Dul Aji, M.Si - Nama Orang; Dr. Nurul Ain, M.Si - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E dan keterampilan proses sains terhadap prestasi belajar fisika. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Singosari, semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang terpilih menggunakan teknik random sampling adalah kelas TKJ-I dan TKJ-2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas MM-3 dan AV-2 sebagai kelompok kontrol. Data dianalisis menggunakan metode analisis anova dua jalur.
Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap keterampilan proses sains dengan diperoleh nilai FHitung = 68.262 ≥ FTabel = 3.91 dan nilai sig 0.000 ≤ 0.005. 2) terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap prestasi belajar siswa dengan diperoleh nilai FHitung =25.404 ≥ FTabel = 3.91 dan nilai sig 0.000 ≤ 0.005. Rata-rata nilai kelompok eksperimen adalah 81.66 lebih besar dari kelompok kontrol dengan diperoleh nilai rata-rata sebesar 63.98. 3) ada interaksi antara model pembelajaran learning cycle 5E dan keterampilan proses sains terhadap prestasi belajar fisika dengan diperoleh nilai FHitung = 4.232 ≥ FTabel = 3.91 dan nilai sig 0.042 ≤ 0.005.
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa; (1) ada pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap keterampilan proses sains, (2) ada pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap prestasi belajar; (3) ada interaksi antara model pembelajaran learning cycle 5E dan keterampilan proses sains terhadap prestasi belajar fisika


Ketersediaan
2129135/SB/2018KKI 530 SUK p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 SUK p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xiv, 58 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed 1
Subjek
Learning Cycle 5E
Keterampilan Proses Sains
Skripsi
Prestasi Belajar Siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik