Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tips) Dengan Pendekataan Realistik Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa
Tujuan penelitian ini adalah untuk menngetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian dilakukan di SMP NU Bululawang, Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan posttest only group design. Analisis data tes kemampuan berpikir kritis matematis dilakukan menggunakan uji Independent samples t test, dengan kriteria taraf sinifikan α = 0,05 dan H0 ditolak jika nilai perhitungan sig. < α serta H0 diterima jika nilai perhitunggan sig. > α.
Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan independent samples T test pada SPSS 16.0 diperoleh hasil nilai signifikan perhitungan sig. (2-tailed) = 0,046 dengan taraf signifikan α = 0,05, maka sig. (2-tailed) < α, sehingga H0 ditolak.
Selain itu dilihat dari persentase rata-rata skor kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) adalah sebesar 75,70% dan persentase rata-rata skor kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 69,05%. Hasil perhitungan effect size cohen’s d diperoleh besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa sebesar 73%. Dengan demikian dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa
2129134/SB/2018 | KKI 510 RIS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain