Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP LPPUK Lawang Tahun Pelajaran 2015/2016
Berdasarkan hasil observasi di SMP LPPUK Lawang khususnya pada mata pelajaran IPA, dari 15 siswa dalam satu kelas ada 9 siswa yang menganggap pelajaran fisika sebagai pelajaran yang sangat sulit dan membosankan. Sehingga dalam proses pembelajaran, siswa tersebut kurang menyukai pelajaran IPA yang berakibat prestasi belajarnya juga menjadi kurang baik. Selain itu siswa cenderung lebih suka bermain, bergurau dengan teman atau berbicara sendiri, dan kurang memperhatikan guru. Berdasarkan kondisi seperti ini maka diperlukan pemilihan metode yang tepat untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Salah satu alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Karena dalam pembelajaran ini ada sebuah permainan akademik yang membuat siswa itu senang sehingga tidak merasa sedang belajar tetapi bermain. Permainan yang dipilih adalah bermain kartu, permainan kartu dipilih karena siswa sudah mengenal permainan kartu dan sering dimainkan siswa dalam bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe TGT (Teams games tournament) pada pokok bahasan gaya pada KD1 dan KD2 di SMP LPPUK Lawang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata motivasi belajar siklus I (86,7%) dan siklus II (91,63%), Serta hasil penelitian prestasi belajar dari keadaan awal (72,5), siklus I (77,8) dan siklus II (80,75), dengan ketuntasan belajar di keadaan awal (40%), siklus I (65%) dan siklus II (80%). Hasil penelitian ini menyimpulkan: penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams games tournament) dapat meningkatkan motivasi dan Prestasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP LPPUK Lawang pada pokok bahasan gaya.
2129044/SB/2018 | KKI 530 HER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain