Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA PGRI 6 Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA PGRI 6 Malang

Darmiati - Nama Orang; Drs. Triwahyudianto, S. Pd., M.Si - Nama Orang; Dwi Fauziah Putra, M.Pd - Nama Orang;

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.Pelajaran Geografi termasuk pelajaran pokok dalam bidang IPS di SMA, proses belajar Geografi bersifat ekspolarasi bukan menghafal semata-mata. SMA PGRI 6 Malang merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013, tetapi pada kenyataannya, peserta didik kurang aktif dalam proses belajar. SMA PGRI 6 Malang menetapkan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) untuk mata pelajaran geografi adalah 75. Kelas XI IPS yang terdiri dari 12 siswa, 9 orang laki-laki dan 3 orang perempuan.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Geografi SMA PGRI 6 Malang kelas XI yang telah dilaksanakan pada bulan Mei, menunjukkan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa kelas XI rendah yaitu sebesar 40%. Ketuntasan belajar tersebut menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai kurang dari 75 sebanyak 8 siswa dan siswa yang mendapat nilai lebih dari 75 sebanyak 4 siswa, sehingga ketuntasan belajar siswa masih rendah karena lebih dari setengah siswa kelas XI IPS tidak tuntas dalam pembelajaran geografi.
Berdasarkan observasi tersebut dapat disimpulkan bahwa, kualitas interaksi kelas masih relatif kurang optimal, distribusi kemampuan pada siswa kurang merata, yaitu cenderung memusat pada kelompok atas, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Motivasi adalah proses yang memberi semangat, arah, dan kegigihan perilaku. Artinya, perilaku yang memiliki motivasi adalah perilaku yang penuh energi, terarah, dan bertahan lama.


Ketersediaan
2128871/SB/2018KKI 910 DAR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 DAR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2017
Deskripsi Fisik
viii, 48 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed 1
Subjek
Motivasi Belajar
Skripsi
Model Pembelajaran Discovery
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik