Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA PGRI 6 Malang
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.Pelajaran Geografi termasuk pelajaran pokok dalam bidang IPS di SMA, proses belajar Geografi bersifat ekspolarasi bukan menghafal semata-mata. SMA PGRI 6 Malang merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013, tetapi pada kenyataannya, peserta didik kurang aktif dalam proses belajar. SMA PGRI 6 Malang menetapkan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) untuk mata pelajaran geografi adalah 75. Kelas XI IPS yang terdiri dari 12 siswa, 9 orang laki-laki dan 3 orang perempuan.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Geografi SMA PGRI 6 Malang kelas XI yang telah dilaksanakan pada bulan Mei, menunjukkan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa kelas XI rendah yaitu sebesar 40%. Ketuntasan belajar tersebut menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai kurang dari 75 sebanyak 8 siswa dan siswa yang mendapat nilai lebih dari 75 sebanyak 4 siswa, sehingga ketuntasan belajar siswa masih rendah karena lebih dari setengah siswa kelas XI IPS tidak tuntas dalam pembelajaran geografi.
Berdasarkan observasi tersebut dapat disimpulkan bahwa, kualitas interaksi kelas masih relatif kurang optimal, distribusi kemampuan pada siswa kurang merata, yaitu cenderung memusat pada kelompok atas, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Motivasi adalah proses yang memberi semangat, arah, dan kegigihan perilaku. Artinya, perilaku yang memiliki motivasi adalah perilaku yang penuh energi, terarah, dan bertahan lama.
2128871/SB/2018 | KKI 910 DAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain