Electronic Resource
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Gambar Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Nasional Malang
Model pembelajaran talking stick merupakan satu dari sekian banyak strategi pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran talking stick sangat sederhana dan cukup mudah untuk dipraktekkan, khususnya pada siswa-siswa SD, SMP, dan SMA/SMK. Dengan bantuan tongkat yang dijadikan sebagai jatah atau giliran untuk berpendapat, model ini juga untuk melatih siswa agar berani berbicara dan membuat suasana dikelas bisa terlihat lebih hidup dan tidak monoton, karena pada saat guru mengambil tongkat dan memberikan kepada salah satu siswa diringi dengan nyanyian atau musik yang telah ditentukan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media gambar terhadap minat belajar IPS siswa kelas VII di SMP Nasional Malang. Rancangan penelitian yang menggunakan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian dilakukan kepada siswa
kelas VII A dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII D dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Sebelum peneliti menguji hipotesis,
terlebih dahulu melakukan uji instrumen angket terhadap 20 item soal melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah itu melakukan analisis data melalui analisis deskriptif dan uji normalitas.
Hasil analisis data penelitian dilakukan selama 2 kali pertemuan terhadap 31 siswa kelas VII D dan 36 siswa VII A melalui uji independent sample t-test menunjukkan bahwa data yang diperoleh homogen (F = 0,125; p> 0,05), karena data yang didapat homogen maka t-hitung dapat dilihat melalui uji t dalam kolom
equality of means yang terlihat adanya perbedaan pada taraf 1 persen (t = 0,442; p< 0,01). Hal ini dapat menyatakan bahwa ditolak dan hipotesis yang diajukan
pada penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan media gambar terhadap minat belajar IPS siswa kelas VII SMP Nasional Malang
2128868/SB/2018 | KKI 910 YAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain