Electronic Resource
Perbedaan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Discovery Learning Dengan Gaya Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA BABUSSALAM Pagelaran
Model Pembelajaran inkuiri terbimbing dan discovery learning merupakan model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran,
seingga siswa dapat berfikir lebih kritis yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Peningkatan pemahaman konsep juga dipengaruhi oleh gaya kognitif. Gaya
kognitif merupakan gaya berfikir siswa untuk mengolah, menerima dan menyimpan informasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan sisw yang diajarkan dengan dengan discovery learning; (2) perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang memiliki gaya kogniif field independent dan siswa yang memiliki gaya
kognitif field dependent; (3) pengaruh antara interaksi model pembelajaran inkuiri terbimbing dan discovery learning dengan gaya kognitif siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental dengan rancangan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X IPA SMA Babussalam Pagelaran tahun pelajaran 2016-2017. Penentuan sampel dengan teknik simple random sampling yaitu sampel acak dengan meganggap sejenis anggota populasinya dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 58 siswa. Skor gaya kognitif diperoleh dari angket gaya kognitif, sedangkan nilai pemahaman konsep diperoleh dari pretes dan postes kemudian dicari selisihnya (N-gain). Data yang diperoleh dari tes pemahaman konsep dianalisis dengan uji ANOVA dua jalur dengan bantuan program SPSS 19.0 for Windows pada taraf signifikansi 5%.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Ada perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar fisika menggunakan model pembelajaran
inkuiri terbimbing dengan siswa yang belajar fisika menggunakan model pembelajaran discovery learning {Fhit. = 5,527; 0,022 < 0,05}; (2) Ada perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dengan siswa siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent {Fhit. = 12,965; 0,001 < 0,05}; (3) tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan discovery learning ditinjau dari gaya kognitif siswa terhadap pemahaman konsep {Fhit. = 3,223; 0,078 >0,05}.
2128550/SB/2018 | KKI 530 WUL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain