Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Discovery Learning Dengan Gaya Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA BABUSSALAM Pagelaran

Electronic Resource

Perbedaan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Discovery Learning Dengan Gaya Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA BABUSSALAM Pagelaran

Nuryanti Retno Wulan - Nama Orang; Chandra Sundaygara, S.Pd., M.Pd. - Nama Orang; Drs. Sholikhan, S.Si., M.Pd. - Nama Orang;

Model Pembelajaran inkuiri terbimbing dan discovery learning merupakan model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran,
seingga siswa dapat berfikir lebih kritis yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Peningkatan pemahaman konsep juga dipengaruhi oleh gaya kognitif. Gaya
kognitif merupakan gaya berfikir siswa untuk mengolah, menerima dan menyimpan informasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan sisw yang diajarkan dengan dengan discovery learning; (2) perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang memiliki gaya kogniif field independent dan siswa yang memiliki gaya
kognitif field dependent; (3) pengaruh antara interaksi model pembelajaran inkuiri terbimbing dan discovery learning dengan gaya kognitif siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental dengan rancangan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X IPA SMA Babussalam Pagelaran tahun pelajaran 2016-2017. Penentuan sampel dengan teknik simple random sampling yaitu sampel acak dengan meganggap sejenis anggota populasinya dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 58 siswa. Skor gaya kognitif diperoleh dari angket gaya kognitif, sedangkan nilai pemahaman konsep diperoleh dari pretes dan postes kemudian dicari selisihnya (N-gain). Data yang diperoleh dari tes pemahaman konsep dianalisis dengan uji ANOVA dua jalur dengan bantuan program SPSS 19.0 for Windows pada taraf signifikansi 5%.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Ada perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar fisika menggunakan model pembelajaran
inkuiri terbimbing dengan siswa yang belajar fisika menggunakan model pembelajaran discovery learning {Fhit. = 5,527; 0,022 < 0,05}; (2) Ada perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dengan siswa siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent {Fhit. = 12,965; 0,001 < 0,05}; (3) tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan discovery learning ditinjau dari gaya kognitif siswa terhadap pemahaman konsep {Fhit. = 3,223; 0,078 >0,05}.


Ketersediaan
2128550/SB/2018KKI 530 WUL p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 WUL p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2017
Deskripsi Fisik
xiv, 63 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
ed 1
Subjek
Pemahaman Konsep
Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Skripsi
model
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik