Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Dan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Keaktifan Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMPN 3 Tutur Satu Atap Tahun Ajaran 2016/2017

Electronic Resource

Perbedaan Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Dan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Keaktifan Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMPN 3 Tutur Satu Atap Tahun Ajaran 2016/2017

Uswatun Khasanah - Nama Orang; Drs. Sholikhan, S.Si., M.Pd. - Nama Orang; Akhmad Jufriadi, S.Si., M.Si. - Nama Orang;

Model pembelajaran inkuiri bebas dan discovery learning merupakan model pembelajaran yang sudah tercantum pada kurikulum 2013. Model pembelajaran ini menekankan pada penemuan konsep dan pemecahan masalah oleh siswa. Untuk itu, guru perlu adanya model pembelajaran yang tepat agar pemahaman siswa terhadap konsep fisika dapat terwujud. Peningkatan pemahaman konsep siswa juga dipengaruhi oleh keaktifan. Keaktifan harus dimiliki setiap siswa untuk memperoleh pemahaman konsep yang efektif .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui adanya perbedaan pemahaman konsep siswa antara siswa yang yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas dan model pembelajaran discovery learning. (2) Untuk mengetahui adanya perbedaan dalam pemahaman konsep siswa antara yang mempunyai keaktifan tinggi dengan siswa yang mempunyai keaktifan rendah. (3) Untuk mengetahui adanya interaksi model pembelajaran inkuiri bebas dan discovery learning dan keaktifan terhadap pemahaman konsep belajar siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Tutur Satu Atap tahun pelajaran 2016/2017. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 45 siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Adanya perbedaan pemahaman konsep fisika, antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning (0,004 ≤0,05). (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang mempunyai keaktifan belajar tinggi dan keaktifan belajar rendah (0,026 ≤ 0,05). (3) Tidak terdapat pengaruh antara interaksi model pembelajaran inkuiri bebas dan discovery learning dengan keaktifan siswa terhadap pemahaman konsep (0,470 ≥ 0,05).


Ketersediaan
2128542/SB/2018KKI 530 KHA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 KHA p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2017
Deskripsi Fisik
xv, 56 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
ed 1
Subjek
Pemahaman Konsep
Inkuiri Bebas
Discovery Learning
Keaktifan
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik