Electronic Resource
Perbedaan Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Dan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Keaktifan Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMPN 3 Tutur Satu Atap Tahun Ajaran 2016/2017
Model pembelajaran inkuiri bebas dan discovery learning merupakan model pembelajaran yang sudah tercantum pada kurikulum 2013. Model pembelajaran ini menekankan pada penemuan konsep dan pemecahan masalah oleh siswa. Untuk itu, guru perlu adanya model pembelajaran yang tepat agar pemahaman siswa terhadap konsep fisika dapat terwujud. Peningkatan pemahaman konsep siswa juga dipengaruhi oleh keaktifan. Keaktifan harus dimiliki setiap siswa untuk memperoleh pemahaman konsep yang efektif .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui adanya perbedaan pemahaman konsep siswa antara siswa yang yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas dan model pembelajaran discovery learning. (2) Untuk mengetahui adanya perbedaan dalam pemahaman konsep siswa antara yang mempunyai keaktifan tinggi dengan siswa yang mempunyai keaktifan rendah. (3) Untuk mengetahui adanya interaksi model pembelajaran inkuiri bebas dan discovery learning dan keaktifan terhadap pemahaman konsep belajar siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Tutur Satu Atap tahun pelajaran 2016/2017. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 45 siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Adanya perbedaan pemahaman konsep fisika, antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning (0,004 ≤0,05). (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang mempunyai keaktifan belajar tinggi dan keaktifan belajar rendah (0,026 ≤ 0,05). (3) Tidak terdapat pengaruh antara interaksi model pembelajaran inkuiri bebas dan discovery learning dengan keaktifan siswa terhadap pemahaman konsep (0,470 ≥ 0,05).
2128542/SB/2018 | KKI 530 KHA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain