Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sd Islamic Global School Malang

Electronic Resource

Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sd Islamic Global School Malang

Putri Ridlatus Shaleha - Nama Orang; Farida Nur Kumala,S.Si,.M.Pd. - Nama Orang; Denna Delawanti Crisyarani, M.Pd - Nama Orang;

Pembelajaran yang dilakukan di SDN 3 Senggreng pada Semester 1 tanggal 29 Oktober 2019, ada 11 dari 20 siswa yang tidak berkonsentrasi dan bersendau gurau sendiri ketika guru sedang menjelakan materi. Proses pembelajaran masih konvensional dan kurang bervariatif, guru juga kurang dalam menggunakan model-model pembelajaran yang inovarif, guru masih menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas, sehingga pembelajaran lebih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini antara lain adalah mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Brain-Based Learning dan model Whole Brain Teaching pada muatan IPA kelas V SDN 3 Senggreng Kecamatan Sumberpucung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu Pra-Experimental Designs dengan desain The Static Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan terdiri dari kelas V sebanyak 43 siswa dengan rincian 21 siswa kelas VA sebagai kelompok eksperimen 1 dengan menggunakan model Brain-Based Learning dan 22 siswa kelas VB sebagai kelompok eksperimen 2 dengan menggunakan model Whole Brain Teaching. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh data keterampilan berpikir kritis siswa berupa pretest dan posttest.
Hasil penelitian melalui uji hipotesis yang menggunakan uji-t dengan |t_hitung | sebesar 2,127 dan 2,122, lebih besar ttabel (> 2,020) dan nilai signifikasi 5% menunjukkan bahwa nilai 0,039 dan 0,040 lebih kecil dari 0,05 atau dapat ditulis 0,039 < 0,05 dan 0,040 < 0,05 maka H0 ditolak Ha diterima, artinya ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa pada muatan IPA dengan menggunakan model Brain-Based Learning dan dengan model Whole Brain Teaching.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis pada muatan IPA kelas V yang menggunakan Whole Brain Teaching lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan Brain-Based Learning. Oleh karena itu diharapkan untuk guru dapat melaksanakan pembelajaran yang inovatif sehingga mampu menstimulus kinerja otak siswa terhadap materi yang disampaikan.


Ketersediaan
2127155/SB/2017KKI 372 LES p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 LES p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2017
Deskripsi Fisik
xv, 70 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
ed 1
Subjek
Skripsi
Ipa
Keterampilan Berpikir Kritis
Brain-Based Learning
Whole Brain Teaching
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik