Electronic Resource
Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Hands On Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Pesawat Sederhana Dengan Rancangan Penelitian Pretest Dan Post-Test Design Di SMP Kartika IV-9 Malang
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu komponen utama dalam mepelajari fisika. Namun dalam kenyataannya banyak siswa yang belum atau bahkan tidak mampu memecahkan masalah karena berbagai masalah, salah satunya adalah kurangnya kreatifitas guru yang selalu menggunakan konsep pembelajaran konvensional. Balajar fisika seharusnya bukan hanya menghafalkan konsep, teori, atau hukum saja, tetapi siswa juga harus mengalami atau menemukan sendiri tentang hal yang dipelajari. Oleh karena itu, dibutuhkan metode atau model pembelajaran yang kontekstual dalam merangsang kemamampuan siswa dalam memecahkan masalah fisika. Pembelajaran kontekstual berbasis hands on problem solving dalam hal ini dapat memberikan pengalaman langsung dengan melatih siswa untuk menemukan sendiri berbagai konsep secara berkesinambungan, bermakna, serta aplikatif untuk kepentingan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis hands on problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pesawat sederhana dengan rancangan penelitian pretest dan post-test design di kelas VIII SMP Kartika IV-9 Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menurut M. Nur 2003; Dikdasmen, 2006; Muslich 2007 dengan menggunakan 7 komponen utama pembelajaran kontekstual, (1) Konstruktivisme, (2) penemuan (inquiri), (3) bertanya, (4) masyarakat belajar, (5) pemodelan, (6) refleksi, dan (7) penilaian otentik. Instrumen penelitian menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan soal pretest dan post-test berupa soal uraian. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP Kartika IV-9 Malang dengan jumlah 33 siswa.
Hasil penelitian ini bahwa adanya pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis hands on problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pesawat sederhana dengan rancangan penelitian pretest dan post-test design di kelas VIII-A SMP Kartika IV-9 Malang. Hal ini terbukti dengan hasil uji statistik menggunakan bantuan SPSS windows for 16 dengan rata-rata pretes 39.51 dan post-test 79.39, besar selisih rata-ratanya adalah 39.88.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual berbasis hands on problem solving dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada materi pesawat sederhana.
2125977/SB/2017 | KKI 530 DER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain