Electronic Resource
Pemgembangan Modul IPA Fisika BerBASIS Scaffolding Pada Tema Gerak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP/MTs
Munculnya Permendiknas No. 68 yang menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu, tetapi SMPN 3 Kepanjen belum menerapkan hal tersebut. Pengembangan Modul IPA Terpadu ini menggunakan scaffolding sebagai bantuan dalam mengatasi kesulitan belajar IPA siswa yang ditinjau dari ZPD siswa. Scaffolding yang diberikan dalam modul IPA Terpadu berupa penguraian masalah-masalah ke dalam langkah-langkah pemecahan yang memungkinkan siswa belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul IPA Terpadu Berbasis Scaffolding untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP/MTs, (2) mengetahui kualitas modul IPA Terpadu Berbasis Scaffolding untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP/MTs menurut ahli materi dan ahli media, (3) mengetahui respon pengguna guru dan siswa terhadap modul IPA Terpadu Berbasis Scaffolding untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP/MTs yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Brog dan Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono meliputi empat langkah, yaitu: (1) melakukan analisis kebutuhan awal, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba skala kecil dan revisi. Hasil penelitian ini: (1) dihasilkan modul modul IPA Terpadu Berbasis Scaffolding untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP/MTs yang ditujukan untuk kelas VIII, (2) kualitas modul IPA Terpadu untuk siswa yang dikembangkan menurut ahli materi dan ahli media memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan masing-masing 85,00% dan 86,60%. Sedangkan untuk modul guru menurut ahli materi dan ahli media memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan masing-masing 84,00% dan 87,00%. (3) respon guru terhadap modul guru dan modul siswa adalah Sangat Setuju (SS) dengan persentase keidealan masing-masing 87,50% dan 89,84%. Sedangkan respon siswa terhadap modul IPA siswa adalah Sangat Setuju dengan persentase keidealan 85,00%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa Modul IPA Terpadu Berbasis Scaffolding telah memenuhi syarat kualitas Sangat Baik dan layak digunakan sebagai bahan ajar IPA Terpadu untuk siswa SMP/MTs kelas VIII.
2125794/SB/2017 | KKI 530 BUD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain