Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (Sfae) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP PGRI 01 Singosari Tahun Ajaran 2016/2017
Student facilitator and explaining merupakan model pembelajaran dimana siswa/peserta didik belajar mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta didik lainnya dengan langkah-langkah yaitu: a) guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai; b) guru mendemonstrasikan/menyajikan materi; c) memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya misalnya melalui bagan/peta konsep; d) guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa; e) guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu; f) penutup.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kualitas penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIIIC SMP PGRI 01 Singosari (2) Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar fisika siswa setelah penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) (3) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar fisika siswa setelah penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP PGRI 01 Singosari Kelas VIII C tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 32 siswa.
Berdasarkan analisis penelitian hasil keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I 94.7% berada pada kualifikasi sangat baik dan pada siklus II 98% berada pada kualifikasi sangat baik. Dari persentasi keaktifan belajar siswa pada siklus I adalah 87,9% berada pada kualifikasi aktif, sedangkan pada siklus II 93,5% berada pada kualifikasi sangat aktif. Dari data persentasi keterlaksanaan pembelajaran dan keaktifan siswa dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan.
Model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) dapat meningkatkan prestasi belajar fisika, ini dilihat dari prestasi belajar rata-rata pada siklus I adalah 76,6 berada pada kualifikasi baik sedangkan pada siklus II 83,8 berada pada kualifikasi baik. Di lihat dari persentasi ketuntasan belajar pada siklus I 78,1%, dan siklus II 84,4% mengalami peningkatan.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian Model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIIIC SMP PGRI 01 Singosari.
2125738/SB/2017 | KKI 530 LAD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain