Electronic Resource
Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Dan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Malang Tahun Ajaran 2016/2017
Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep siswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang menggunakan model konvensional; (2)Untuk mengetahui perbedaan aktivitas siswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang menggunakan model konvensional; (3)Untuk mengetahui perbedaan pengusaan konsepsiswa yang beraktivitas tinggi dan siswa yang beraktivitas rendah; (4)Untuk mengetahui interaksi antara model Problem Based Learning (PBL) dan aktivitas terhadap pengusaan konsep siswa, di kelas VIII yaitu VIII-A, VIII-B, VIII-C, dan VIII-D SMPNegeri 17 Malang Tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatifdengan metode quasy experiment (eksperimen semu) yang desain penelitiannya adalah non-Equivalen group design. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelompok (kelas) yaitu kelompok atau kelas eksperimen dengan modelProblem Based Learning(PBL) yaitu kelas VIII-A dan kelas VIII-B dan kelompok atau kelas kontrol denagn model konvensional yaitu kelas VIII-C dan kelas VIII-D yang subjek penelitiannya diambil dari kelompok yang telah dibentuk secara alamia.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)Ada perbedaan penguasaan konsep antara siswa yang diajarkan dengan model PBL dan siswa yang diajarkan dengan model konvensional. Dimana pada hasil uji anova menunjukan bahwanilai signifikasi adalah 0,000
2125727/SB/2017 | KKI 530 BIL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain