Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Permainan Mathpoly Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMPN 1 Bululawang Kelas VIII D Pada Materi Persamaan Garis Lurus

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Permainan Mathpoly Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMPN 1 Bululawang Kelas VIII D Pada Materi Persamaan Garis Lurus

Ina Faradila Anthasari - Nama Orang; Drs. Sumadji, M.Pd - Nama Orang; Nyamik Rahayu Sesanti, M.Pd - Nama Orang;

Fakta yang terjadi di SMPN 1 Bululawang adalah bahwa hasil belajar matematika siswa masih rendah. Pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah yang dilakukan gur terkesan monoton, kurang menarik, dan membosankan. Selain itu juga terdapat kurangnya pembahasan latihan soal. Oleh karena itu, perlu adanya model pembelajaran yang bervariasi, menariksehingga tidak membosankan bagi siswa. Model pembelajaran tersebut adalah Time Token dengan berbantuan Mathpoly. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan langkah-langkah pembelajaran Time Token berbantuan Mathpoly kelas VIII-D yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi persamaan garis lurus di SMPN 1 Bululawang Kabupaten Malang.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data penelitian ini adalah pengajar dan siswa SMPN 1 Bululawang Kabuaten Malang pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 kelas VIII-D yang berjumlah 36 siswa. Prosedur pengumulan data yang digunakan meliputi observasi dan tes tulis.
Pembelajaran Time Token berbantuan Mathpolyuntuk meningkatkan hasil belajar siswa dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut. (1) Guru menjelaskan materi. (2) Guru membagi kelompok yang beranggotan 4-5 orang. (3) Guru membagikan lembar jawaban permainan mathpoly dan membrikan point awal untuk modal permainan. (4) Guru menyiapkan tempat menempel point. (5) Guru menjelaskan aturan permainan mathpoly. (6) Guru mrnunjuk salah satu kelompok untuk melemparkan dadu. (7) Guru meminta kelompok untuk membuka kupon soal yang telah didapat pada kotak permainan mathpoly. (8) Guru meminta siswa untuk berdiskusi dalam menyelesaikan soal. (9) Guru memberikan point pada kelompok yang menjawab benar dan mengurangi point pada kelompok yang menjawab salah. (10) Guru memberikan hadiah pada kelompok yang mendapat point tertinggi. (11) Guru membantu menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan siswa dari pratindakan dari nilai UAS sebesar 25,00%, menjadi 80,5% pada tindakan I dan 77,78% pada tindakan II. Hasil belajar siswa meningkat daripratindakan ke setelah tindakan, baik tindakan I maupun tindakan II. Jadi model pembelajaran Time Token berbantuan Mathpoly dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-D di SMPN 1 Bululawang pada materi persamaan garis lurus.


Ketersediaan
2125695/SB/2017KKI 510 ANT p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 ANT p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2017
Deskripsi Fisik
xii, 168 hl, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Model Pembelajaran Time Token
Pendidikan Matematika
permainan mathpoly
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik