Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Permainan Mathpoly Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMPN 1 Bululawang Kelas VIII D Pada Materi Persamaan Garis Lurus
Fakta yang terjadi di SMPN 1 Bululawang adalah bahwa hasil belajar matematika siswa masih rendah. Pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah yang dilakukan gur terkesan monoton, kurang menarik, dan membosankan. Selain itu juga terdapat kurangnya pembahasan latihan soal. Oleh karena itu, perlu adanya model pembelajaran yang bervariasi, menariksehingga tidak membosankan bagi siswa. Model pembelajaran tersebut adalah Time Token dengan berbantuan Mathpoly. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan langkah-langkah pembelajaran Time Token berbantuan Mathpoly kelas VIII-D yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi persamaan garis lurus di SMPN 1 Bululawang Kabupaten Malang.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data penelitian ini adalah pengajar dan siswa SMPN 1 Bululawang Kabuaten Malang pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 kelas VIII-D yang berjumlah 36 siswa. Prosedur pengumulan data yang digunakan meliputi observasi dan tes tulis.
Pembelajaran Time Token berbantuan Mathpolyuntuk meningkatkan hasil belajar siswa dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut. (1) Guru menjelaskan materi. (2) Guru membagi kelompok yang beranggotan 4-5 orang. (3) Guru membagikan lembar jawaban permainan mathpoly dan membrikan point awal untuk modal permainan. (4) Guru menyiapkan tempat menempel point. (5) Guru menjelaskan aturan permainan mathpoly. (6) Guru mrnunjuk salah satu kelompok untuk melemparkan dadu. (7) Guru meminta kelompok untuk membuka kupon soal yang telah didapat pada kotak permainan mathpoly. (8) Guru meminta siswa untuk berdiskusi dalam menyelesaikan soal. (9) Guru memberikan point pada kelompok yang menjawab benar dan mengurangi point pada kelompok yang menjawab salah. (10) Guru memberikan hadiah pada kelompok yang mendapat point tertinggi. (11) Guru membantu menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan siswa dari pratindakan dari nilai UAS sebesar 25,00%, menjadi 80,5% pada tindakan I dan 77,78% pada tindakan II. Hasil belajar siswa meningkat daripratindakan ke setelah tindakan, baik tindakan I maupun tindakan II. Jadi model pembelajaran Time Token berbantuan Mathpoly dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-D di SMPN 1 Bululawang pada materi persamaan garis lurus.
2125695/SB/2017 | KKI 510 ANT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain