Electronic Resource
Pengaruh Penggunaan Variasi Metode Dan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar PKN Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kabupaten Pamekasan
Pendidikan karakter adalah sebuah usaha mendidik anak-anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang positif pada lingkungannya. Oleh sebab itu, pendidikan karakter merupakan pendidikan yang sangat urgen untuk segera diimplementasikan di sekolah baik pada saat pembelajaran maupun di luar pembelajaran, salah satunya melalui guru PKn sebagai rumah kedua setelah keluarga. Penelitian ini untuk mengungkap implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn dan penerapannya di SMKN 3 Pamekasan. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Nilai-nilai Karakter Bangsa di SMKN 3 Pamekasan; (2) implementasi pendidikan karakter dalam PKn di SMKN 3 Pamekasan; (3) kendala dalam pengimplementasian dan pembelajaran pendidikan karakter dalam PKn di SMKN 3 Pamekasan; (4) upaya mengatasi kendala dalam pengimplementasian dan pembelajaran pendidikan karakter dalam PKn di SMKN 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Deskriptif di SMKN 3 Pamekasan. Subyek Penelitian/Informan adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru PKn, guru BP/BK dan siswa. Untuk pengumpulan datan penelitian dalam hal ini peneliti bantu Lembar Panduan Wawancara, Lembar Pengamatan, dan Lembar Catatan Dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Nilai-nilai Karakter di SMKN 3 Pamekasan antara lain: a) Nilai Religius, b) Nilai tanggung jawab, c) Nilai cinta tanah air, d) Nilai cinta ilmu, e) Nilai demokratis dan, f) Nilai Kreatif. (2) Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PKn di SMKN 3 Pamekasan ntara lain: (a) Dalam materi PKn di SMKN 3 Pamekasan adalah i). Hakekat bangsa dan kesatuan republik Indunesia, ii). Sistem hukum dan peradilan nasional, ii). Hak asasi manusia, iv) Hubungan dasar negara dengan konstitusi, v). Warga negara dan pewarganegaraan, dan vi) Sistem politik. (b) Dalam Pembelajaran PKn di SMKN 3 Pamekasan meliputi tiga tahap yaitu i) tahap perencanaan, ii) tahap pelaksanaan, dan iii) tahap penilaian. (4) kendala dalam pengimplementasian dan pembelajaran pendidikan karakter dalam PKn di SMKN 3 Pamekasan terdiri dari dua faktor, yaitu kendala internal dan eksternal madrasah. (6) Upaya mengatasi kendala dalam pengimplementasian dan pembelajaran pendidikan karakter dalam PKn di SMKN 3 Pamekasan meliputi upaya internal dan upaya eksternal. vi Berdasarkan temuan penelitian diajukan beberapa saran, antara lain: (1) bagi sekolah, perlu peningkatan dan berkelanjutan tentang program sekolah berbasis karakter baik melalui intrakurikuler maupun esktrakurikuler agar dapat mengembangkan potensi diri yang dimiliki siswa dalam rangka membantu proses tugas perkembangan nilai-nilai, sikap, moral dan perilaku yang diharapkan. (2) Bagi Guru, perlu memahami aspek-aspek psikis dan kepribadian siswa secara teliti dan objektif, agar dengan demikian dapat dicegah kemungkinan kecenderungan munculnya perilaku menyimpang dan memudahkan guru dalam memberikan pendidikan dan pengajaran karakter kepada siswa sesuai dengan tugas perkembangan usianya. (3) Bagi Orang Tua Siswa, hendaknya perlu proaktif dan menjalin kerjasama yang baik melalui komunikasi yang intensif kepada pihak sekolah dan guru termasuk guru PKn, agar setiap permasalahan yang muncul pada diri sendiri baik dalam pembelajaran maupun diluar pembelajaran dalam hal ini putra-putrinya dapat ditanggulangi secara dini. (4) Bagai Peneliti lain, perlu adanya penelitian lebih lanjut dan secara mendalam berkaitan dengan temuan penelitian ini, agar dapat membantu pihak sekolah dalam pengimplementasian pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn.
2125470/SB/2017 | IPS 300 PUS p/t | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain