Electronic Resource
Hubungan Antara Pengendalian Emosi Dengan Penerimaan Teman Sebaya Di MTs Munir Ismail Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang
Siswa MTs memasuki masa remaja awal yaitu masa perkembangan emosi
yang cenderung “meledak”, sulit mengendalikan perasaannya, mudah marah dan
tersinggung. Mereka memiliki kebutuhan yang kuat untuk diterima oleh teman sebaya atau kelompoknya. Remaja yang tidak bisa mengontrol dan mengendalikan emosi dengan tepat akan membuatnya mudah melampiaskan kemarahan pada lingkungan yang kemungkinan besar adalah teman sebayanya sehingga ia sulit diterima oleh teman sebaya. Pengendalian emosi memiliki peran penting bagi remaja untuk diterima oleh teman sebayanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara pengendalian emosi dan penerimaan teman sebaya di MTs Munir Ismail tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini juga untuk mendeskripsikan pengendalian emosi dan penerimaan teman sebaya di MTs Munir Ismail.
Penelitian ini menggunakan rancangan deskripsi korelasional dengan varibel pengendalian emosi dan penerimaan teman sebaya. Teknik yang digunakan untuk mengetahui korelasi antara dua variabel penelitian adalah korelasi product moment dengan menggunakan program IBM SPSS versi 21. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan siswa MTs Munir Ismail di Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang sebanyak 169 responden dimana 30 siswa (18%) diambil untuk uji validitas dan 139 siswa (82%) sebagai sampel penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pengendalian emosi siswa MTs Munir Ismail adalah 50% (69 siswa) artinya pengendalian emosi siswa berada pada kategori tinggi dan rata-rata penerimaan teman sebaya siswa MTs Munir Ismail adalah 48% (66 siswa) artinya penerimaan teman sebaya berada pada kategori sedang. Dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai korelasi sebesar 0,702 yang menunjukkkan adanya hubungan yang kuat antara pengendalian emosi dengan penerimaan teman sebaya siswa MTs Munir Ismail. Hasil penelitian juga menunjukkan rhitung (0.804) > rtabel (0.176)
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Terdapat hubungan yang signifikan antara pengendalian emosi dengan penerimaan teman sebaya siswa MTs Munir Ismail.
2125431/SB/2017 | KKI 371.4 NUR h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain