Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Inquiry Training Model Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Oenopu (NTT) Tahun Pelajaran 2015/2016
Berdasarkan hasil observasi di kelas XI IPA SMA Negeri Oenopu (NTT), sebagian besar siswa mengganggap Fisika itu sulit. Hal ini menyebabkan motivasi belajar sangat rendah sehingga prestasi belajar siswa juga rendah, dalam pembelajaran Fisika di kelas XI IPA SMA Negeri Oenopu (NTT) sering menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu peneliti menerapkan Pembelajaran Inquiry Training Model, karena Pembelajaran Inquiry Training Model memiliki lima langkah dasar yaitu merumuskan masalah, hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan menarik kesimpulan.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri Oenopu (NTT) melalui pembelajaran Inquiry Training Model. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan kesetimbangan benda tegar dan titik berat. siklus II dengan pokok bahasan Dinamika Rotasi.
Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dikelas XI IPA SMA Negeri Oenopu (NTT). Subjek dalam penelitian ini kelas XI IPA SMA Negeri Oenopu (NTT) berjumlah 21 siswa dengan 11 siswa putri dan 10 siswa putra.
Berdasarkan analisis hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I 78,66% dan pada siklus II 94,66%. Dari persentase motivasi belajar siswa pada siklus I 72,23% dan pada siklus II 94,56%. Sedangkan pada prestasi belajar siswa yang telah dicapai oleh siswa, rata-rata prestasi belajar siswa pada pra tindakan mencapai 63,57 yang memenuhi KKM adalah 8 siswa atau 38,10%, pada siklus I rata-rata prestasi belajar siswa mencapai 70,95 yang memenuhi KKM adalah 16 siswa atau 76,19% dan pada siklus II rata-rata prestasi belajar siswa mencapai 81,42 yang memenuhi KKM adalah 18 siswa atau 85,71% mengalami peningkatan .
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Inquiry Training Model dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri Oenopu (NTT).
2125432/SB/2017 | KKI 530 BAU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain