Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Di SMP NEGERI 7 Malang Tahun Pelajaran 2015/2016
Berdasarkan hasil oservasi, bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran fisika di kelas VII H SMP N 7 Malang sering menggunakan metode ceramah. Hal ini menyebabkan banyak siswa yang pasif, jarang bertanya dan jarang mengemukakan pendapat hal ini menyebabkan prestasi belajar siswa juga rendah. Sehingga dalam hal ini peneliti menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII H SMP N 7 Malang. Problem Based Learning merupakan pembelajaran yang berbasis masalah dimana siswa diberi masalah dan hal ini bisa memacu siswa agar dapat berpikir sendiri dengan begitu siswa akan lebih aktif daripada guru.
Tujuan penelitian ini yaitu : 1. Untuk mengetahui kualitas keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning sehingga dapat meningkatkan motivasi dan Prestasi belajar siswa SMPN 7 Malang. 2. Untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar siswa SMPN 7 Malang dengan model pembelajaran Problem Based Learning .3. Untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar siswaSMPN 7 Malang dengan pembelajaran model Problem Based Learning .
Penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), PTK dilaksanakan melalui proses pengkajian bertahap yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan , observasi, dan refleksi. Pada siklus I materi yang diberikan adalah kalor. Pada siklus II materi yang diberikan adalah Perpindahan Kalor.
Berdasarkan analisis hasil penelitian Keterlaksanaan pembelajaran pada Siklus I adalah 79,11% dan pada Siklus II 82,14%. Dari motivasi belajar siswa pada Siklus I 52,01% sedangkan pada Siklus II 81,88%. Dan prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 52,94% sampai 82,35% Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkn bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
2125422/SB/2017 | KKI 530 RIN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain