Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Efektifitas Pembelajaran Inquiry-Discovery Dengan Tinjauan Teoritis Dan Praktek Untuk Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Penguasaan konsep Siswa Kelas X SMAN 1 Tambakrejo, Bojonegoro Tahun Ajaran 2015/2016

Electronic Resource

Efektifitas Pembelajaran Inquiry-Discovery Dengan Tinjauan Teoritis Dan Praktek Untuk Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Penguasaan konsep Siswa Kelas X SMAN 1 Tambakrejo, Bojonegoro Tahun Ajaran 2015/2016

Icha Lutfiana Safitri - Nama Orang; Dr. H. M. Wartono, M.Pd. - Nama Orang; Maris Kurniawati, S.Si., M.Kes., M.Si. - Nama Orang;

Pembelajaran inquiry-discovery adalah suatu teknikinstruksional dimana dalam proses belajar mengajar. Pengajaran ini untuk menarik siswa menyelidiki sejumlah informasi dalam rangka mencari pemecahan masalah serta untuk melatih siswa mengembangkan fakta-fakta, membangun konsep-konsep dan menarik kesimpulan umum atau teori-teori yang menerangkan fenomena-fenomena yang dihadapkan kepadanya. Pembelajaran Inquiry-Discovery menekankan proses berfikir kritis untuk memecahkan masalah melalui percobaan guna mengasah keterampilan siswa untuk menemukan sendiri jawaban dari suatu konsep
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan efektifitas pembelajaran Inquiry-Discovery dengan tinjauan teoritis dan praktek dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional; (2) kemampuan berfikir kritis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran inquiry-discovery dari tinjauan teoritis dan praktek; (3) penguasaan konsep siswa yang diajarkan dengan pembelajaran inquiry-discovery dari tinjauan teoritis dan praktek.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan rancangan posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Tambakrejo, Bojonegoro yang terdiri dari 2 kelas tahun pelajaran 2015-2016. Penentuan sampel dengan simple random sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 70 siswa. Nilai kemampuan berpikir kritis diperoleh dari tes uraian, sedangkan nilai penguasaan konsep diperoleh dari pemberian soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dari tes kemampuan berpikir kritiss dan penguasaan konsep dianalisis dengan uji ANOVA dua jalur dengan bantuan program SPSS 16. 0 for Windows pada taraf signifikansi 5%.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Ada perbedaan kemampuan berpikir kritis, antara siswa yang belajar fisika menggunakan model pembelajaran Inquiry-Discovery dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, penelitian menunjukkan bahwa Sighitung < Sigtabel (0,03 < 0,05);(2) Ada perbedaan penguasaan konsep, antara siswa yang belajar fisika menggunakan model pembelajaran Inquiry-Discovery dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, penelitian menunjukkan bahwa Sig hitung < Sig tabel (0,043 < 0,05).


Ketersediaan
2125410/SB/2017KKI 530 SAF e/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 SAF e/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2016
Deskripsi Fisik
i, 139 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
berpikir kritis
Penguasaan Konsep
Skripsi
Pembelajaran Inquiry-Discovery
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik