Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dan Minat Belajar Terhadap Presatasi Belajar IPA Siswa Kelas VII MTs NEGERI Bojonegoro II Padangan Tahun 2015/2016
Model pembelajaran Learning Cycle 7E merupakan model pembelajaran yang bersifat konstruktivistik dan motode pembelajarannya berpusat pada siswa. model pembelajaran Learning Cycle 7E merupakan salah satu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengoptimalkan cara belajar dan mengembangkan daya nalar siswa, akan tetapi siswa memiliki minat belajar yang berbeda-beda sehingga akan mempengaruhi prestasi belajar IPA siswa. oleh sebab itu perlu adanya penelitian tentang minat belajar siswa dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E yang akan berpengaruh pada prestasi belajar IPA siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar IPA, antara siswa yang belajar mengunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E, dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional; (2) perbedaan pretasi belajar IPA, antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi, dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah; (3) interaksi antara model pembelajaran Learning Cycle 7E dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental dengan rancangan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Bojonegoro II Padangan tahun pelajaran 2015-2016. Penentuan sampel dengan teknik purposif sampling (pertimbangan peneliti) dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 64 siswa. Nilai minat belajar diperoleh dari angket, sedangkan nilai prestasi belajar IPA diperoleh dari postes prestasi belajar IPA. Data yang diperoleh dari tes prestasi belajar IPA dianalisis dengan uji ANOVA dua jalur dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows pada taraf signifikansi 5%.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Ada perbedaan prestasi belajar IPA, antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional (Fhit. = 10.691; 0,002 < 0,05); (2) Ada perbedaan prestasi belajar IPA, antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah (Fhit. = 4.312; 0.042 < 0,05); (3) Ada interaksi antara model pembelajaran Learning Cycle 7E dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPA (Fhit. = 8.051; 0,006 < 0,05).
2125339/PB/2017 | KKI 530 SHO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain