Electronic Resource
Pengaruh Orang Tua Broken Home Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 02 Wagir Kecamatan Wagir Kabupaten Malang
Keluarga adalah lembaga pendidikan pertama yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan. Karena lembaga pendidikan keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama, tempat anak didik pertama-tama menerima pendidikan dan bimbingan dari orang tuanya. Selain itu, Orang tua adalah salah satu faktor yang mempengaruhi Keberhasilan Belajar seorang anak di sekolah. Oleh karena itu orang tua sebaiknya menjaga lingkungan keluarga agar tetap harmonis. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi orang tua siswa yang broken home di SMP NEGERI 02 Wagir Kecamatan Wagir Kabupaten Malang, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa dari orang tua broken home di SMP NEGERI 02 Wagir Kecamatan Wagir Kabupaten Malang, (3) Untuk mengetahui Pengaruh Orang tua Broken home Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP NEGERI 02 Wagir Kecamatan Wagir Kabupaten Malang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Peneliti menganalisis dan mengklasifikasi serta mencoba mengungkapkan suatu fenomena dengan menggunakan dasar perhitungan angka. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22.00 for windows. Berdasarkan Penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh dari orang tua broken home terhadap prestasi belajar siswa di SMP NEGERI 02 Wagir Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Bobot yang dicapai siswa SMP NEGERI 02 Wagir Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang semester ganjil Tahun Ajaran 2015/2016 dengan nilai t-hitung untuk variabel X1 (orangtua brokenhome) sebesar 3.282 dengan tingkat signifikan sebesar 0.004. Karena tingkat signifikannya kurang dari 0.05, maka variabel X1 (orangtua brokenhome) berpengaruh terhadap variabel Y (prestasi belajar)
2125339/SB/2017 | KKI 371.114 JON p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain