Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pada Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Tahun Pelajaran 2015/2016

Electronic Resource

Pengaruh Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pada Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Tahun Pelajaran 2015/2016

Nurahmad Dwi Dermawan - Nama Orang; Drs. Choirul Huda, M.Si - Nama Orang; Drs. Solikhan, S.Si., M.Pd - Nama Orang;

Metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan bebas merupakan metode yang memberikan keleluasaan kepada siswa untuk menemukan sendiri jawaban dari permasalahan yang dihadapi. Sehingga mendorong siswa untuk menimbulkan kemandirian belajar didalam pembelajarannya dan juga akan memberikan wawasan baru yang dihadapi dalam proses pembelajaran serta melatih pengetahuan yang mengarahkan ke pemahaman konsep fisika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan pemahaman konsep fisika, antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode pembelajaran inkuiri bebas; (2) Perbedaan pemahaman konsep fisika siswa yang mempunyai kemandirian belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai kemandirian belajar rendah; (3) Interaksi antara metode pembelajaran inkuri terbimbing dan metode pembelajaran inkuiri bebas terhadap pemahaman konsep fisika ditinjau dari kemandirian belajar siswa
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental dengan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ dan XI TKR SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Tahun Pelajaran 2015/2016. Penentuan sampel dengan teknik puposive sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 67 siswa. Nilai pemahaman konsep fisika siswa diperoleh dari hasil tes, sedangkan tingkat kemandirian belajar siswa diperoleh dari hasil kuisioner kemandirian belajar. Keduanya diperoleh setelah semua sampel tersebut diberi perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji anova pada taraf signifikansi 5% dengan bantuan program SPSS 16 for windows.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh sebagai berikut : (1) ada perbedaan pemahaman konsep fisika menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan metode inkuiri bebas (0,011 0,05).


Ketersediaan
2125327/SB/2017KKI 530 DER p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 DER p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2016
Deskripsi Fisik
i, 158 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Inkuiri Terbimbing
Inkuiri Bebas
Pemahaman Konsep Fisika
Skripsi
Kemandirian Belajar Siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik