Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbasis Pratikum Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa
Analisis terhadap hasil observasi di kelas VIII-A SMP Negeri 12 Malang selama pembelajaran Fisika berlangsung, diperoleh kesimpulan bahwa siswa kelas VIII- A menilai pelajaran fisika itu sulit dimengerti dan merupakan suatu pelajaran yang kurang mereka senangi. Akibatnya aktivitas sebagian siswa menjadi teralih pada kegiatan di luar materi. Sehingga siswa tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran fisika di kelas dan akhirnya nilai prestasi belajar Fisika kelas VIII-A rendah. Dari permasalahan diatas, dilakukan pemilihan model pembelajaran yaitu model kooperatif tipe Think Pair Share berbasis pratikum dalam pembelajaran fisika di kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kualitas proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbasis pratikum, (2) peningkatan keaktifan belajar fisika siswa kelas VIII-A SMP Negeri 12 Malang yang diajarkan dengan model kooperatif tipe TPS berbasis pratikum, (3) peningkatan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-A SMP Negeri 12 Malang yang diajarkan dengan model kbhnb ooperatif tipe Think Pair Share berbasis pratikum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 12 Malang yang berjumlah 30 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran siklus I (70,42%), dan siklus II (77,75%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas proses pembelajaran baik. Untuk keaktifan siswa menunjukkan siklus I (70.22 %), dan siklus II (76.74%), sehingga keaktifan siswa masuk dalam kriteria baik. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi siswa, nilai rata-rata prestasi belajar keadaan awal (67,93), siklus I (69,83) dan siklus II (76,17), dengan ketuntasan belajar di keadaan awal (40%), siklus I (53.33%) dan siklus II (76.67%) dan berada dalam kriteria baik.
Kesimpulannya adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis Pratikum dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 12 Malang.
2125321/SB/2017 | KKI 530 PUS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain