Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Fisika Di SMP Katolik Mardi Wiyata Malang
Berdasarkan obeservasi terhadap pelaksanan pembelajaran fisika di kelas VIII C SMP Katolik Mardi Wiyata Malang guru masih menerapkan metode pembelajaran yang bersifat konvensional dan menekankan pada satu metode yaitu, ceramah, dan tanya jawab. Model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) merupakan pendekatan mengajar yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dalam proses belajar mengajar yang berkaitan dengan pengetahuan yang tersturktur baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) mengikuti 3 tahap yaitu (1) think (berpikir) (2) pair (berpasangan) (3) share (berbagi).
Tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa serta untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe TPS.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan pokok bahasan tekanan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016 – 2017 di kelas VIII C SMP Katolik Mardi Wiyata Malang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa.
Berdasarkan analisis keterlaksanaan pembelajaran dengan model (TPS) pada siklus I yaitu 77,31%, dan pada siklus II yaitu 91,66%9. Rata-rata indikator berpikir kristis siswa pada siklus I adalah 69,95 dan pada siklus II adalah 77,27. Sedangkan nilai ketuntasan belajar minimum siswa sebelum diberikan tindakan adalah 44,44, pada siklus I adalah 63,88 dan pada siklus II adalah 94,44. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas VIII C SMP Katolik Mardi Wiyata Malang.
2125263/SB/2017 | KKI 530 LAB p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain