Electronic Resource
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP Negeri 23 Malang
Observasi yang dilakukan pada tanggal 15 September sampai 4 Oktober 2015 di SMP Negeri 23 Malang diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Penerapan model pembelajaran belum optimal, hal ini dikarenakan cara guru mengajar dan model pembelajaran yang digunakan kurang menarik perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran. (2) Prestasi belajar siswa masih rendah karena belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM), hanya ada 7 siswa yang sudah mencapai KKM yaitu sebesar 21,87% dan rata-rata nilainya 70 (KKM SMP Negeri 23 Malang adalah 75), (3) Dalam proses pembelajaran, siswa kurang aktif dalam memperhatikan penjelasan guru, melakukan percobaan/pengamatan dan berkomunikasi, hal ini ditunjukan karena pada setiap pembelajaran siswa merasa bosan sehingga tidak bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan hasil observasi tersebut maka peneliti akan melakukan penelitian tentang “penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis demonstrasi untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Malang. Alasan dipilihnya model PBL berbasis demonstrasi dalam penelitian ini adalah model PBL berbasis demonstrasi pada dasarnya mampu mendorong dan melatih siswa untuk mengorganisasikan pengetahuan dan kemampuannya sendiri, karena menggunakan pendekatan pemecahan masalah pada dunia nyata dalam kehidupannya sehari-hari, pemecahan masalah pada model PBL berbasis demonstrasi dapat mengembangkan motivasi siswa untuk aktif, ketekunan, dan dapat menumbuhkan kepercayaan diri dalam mengikuti pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar mereka.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan prestasi belajar dari keadaan awal 68,71,siklus I 75,97, dan siklus II 88,06. Sedangkan keaktifan juga mengalami peningkatan pada siklus I 71,77%, baik dan siklus II 85,08%, dengan peningkatan sebesar 13,31%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis demonstrai dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar Ipa siswa Smp Negeri 23 Malang
2125223/SB/2017 | KKI 530 ROS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain