Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP Negeri 23 Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP Negeri 23 Malang

Oktafianus De Rosari - Nama Orang; Akhmad Jufriadi S.Si, M.Si - Nama Orang; Dr. H. Sudi Dul Aji, M.Si. - Nama Orang;

Observasi yang dilakukan pada tanggal 15 September sampai 4 Oktober 2015 di SMP Negeri 23 Malang diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Penerapan model pembelajaran belum optimal, hal ini dikarenakan cara guru mengajar dan model pembelajaran yang digunakan kurang menarik perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran. (2) Prestasi belajar siswa masih rendah karena belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM), hanya ada 7 siswa yang sudah mencapai KKM yaitu sebesar 21,87% dan rata-rata nilainya 70 (KKM SMP Negeri 23 Malang adalah 75), (3) Dalam proses pembelajaran, siswa kurang aktif dalam memperhatikan penjelasan guru, melakukan percobaan/pengamatan dan berkomunikasi, hal ini ditunjukan karena pada setiap pembelajaran siswa merasa bosan sehingga tidak bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan hasil observasi tersebut maka peneliti akan melakukan penelitian tentang “penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis demonstrasi untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Malang. Alasan dipilihnya model PBL berbasis demonstrasi dalam penelitian ini adalah model PBL berbasis demonstrasi pada dasarnya mampu mendorong dan melatih siswa untuk mengorganisasikan pengetahuan dan kemampuannya sendiri, karena menggunakan pendekatan pemecahan masalah pada dunia nyata dalam kehidupannya sehari-hari, pemecahan masalah pada model PBL berbasis demonstrasi dapat mengembangkan motivasi siswa untuk aktif, ketekunan, dan dapat menumbuhkan kepercayaan diri dalam mengikuti pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar mereka.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan prestasi belajar dari keadaan awal 68,71,siklus I 75,97, dan siklus II 88,06. Sedangkan keaktifan juga mengalami peningkatan pada siklus I 71,77%, baik dan siklus II 85,08%, dengan peningkatan sebesar 13,31%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis demonstrai dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar Ipa siswa Smp Negeri 23 Malang


Ketersediaan
2125223/SB/2017KKI 530 ROS p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 ROS p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2016
Deskripsi Fisik
xvi, 143 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Problem Based Learning (PBL)
Prestasi Belajar.
Keaktifan
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik