Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X IPA SMA KR.Petra Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X IPA SMA KR.Petra Malang

Herlinda Rambu Padu Ranu - Nama Orang; Dr, Wartono, M.Pd. - Nama Orang; Drs. Choirul Huda, M.Si - Nama Orang;

Berdasarkan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran fisika di kelasX IPA SMA Kr.Petra Malang berlangsung monoton, lebih senang berbicara dengan temannya karena metode pembelajaran yang selama ini digunakan metode ceramah, demonstrasi, pemberian tugas dan tanya jawab.Nilai rata-rata ulangan harian 72,2 sedangkan KKM yang ditentukan di sekolah 75. Berdasarkan nilai yang ada, maka nilai fisika masih dalam kategori rendah. Hal ini menyebabkan keaktifan belajar siswa rendah, sehingga prestasi belajarnya juga rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan terhadap model pembelajaran yang digunakan. Dalam hal ini peneliti menerapkanpembelajaran kooperatif model STAD berbasis Eksperimenyang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa kelas X IPA SMA Kr.Petra Malang.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Menjelaskan kualitas proses pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) berbasis Eksperimen. 2. Meningkatkan keaktifan belajar siswa menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) berbasis Eksperimen. 3. Meningkatkan prestasi belajar fisika menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) berbasis Eksperimen.
Penelitian ini ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan Fluida Statis (Tekanan zat padat dan Tekanan Hidrostatis) dan siklus II dengan pokok bahasan Fluida Statis (Hukum Pascal dan Hukum Archimedes). Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 di kelas X IPA SMA Kr.Petra Malang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa.
Berdasarkan analisis, siklus I ketercapaian skenario keterlaksanaan pembelajaran memiliki nilai rata-rata 83,11 %, sedangkan pada siklus II sebesar 88,90 %. Pada keaktifan belajar siswa, siklus I memiliki nilai rata-rata 66,15%, sedangkan pada siklus II rata-rata 85,91%. Sedangkan pada prestasi belajar yang dicapai oleh siswa pada prestasi awal memiliki nilai rata-rata 72,2% yang memenuhi KKM adalah 6 siswa atau 54,15 % dari 15 siswa, pada siklus I nilai rata-rata siswa 77,46% yang memenuhi nilai KKM adalah 8 siswa atau 58,09% dari 15 siswa, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa 84% yang memenuhi nilai KKM adalah 14 siswa atau 63 % dari 15 siswa.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) berbasis Eksperimen dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan prestasi belajar siswafisika siswa kelas X IPA SMA Kr.Petra Malang.


Ketersediaan
2125130/SB/2017KKI 530 RAN p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 RAN p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2016
Deskripsi Fisik
i, 83 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Keaktifan belajar
Skripsi
Berbasis Eksperimen
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik