Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatitif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X Sma Darul Mukhlashin Tahun Pelajaran 2013/2014

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatitif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X Sma Darul Mukhlashin Tahun Pelajaran 2013/2014

Shodiqul Anwar - Nama Orang; Drs. Sutriso, M.T - Nama Orang; Drs. Sudi Dul Aji, Dr. M.Si - Nama Orang;

Pendidikan merupakan media yang sangat berperan untuk menciptakan manusia yang berkualitas dan berpotensi dalam arti yang seluas-luasnya, melalui pendidikan akan terjadi proses pendewasaan diri sehingga di dalam proses pengambilan keputusan terhadap suatu masalah yang dihadapi selalu disertai dengan rasa tanggung jawab yang besar. Mengingat peran pentingnya pendidikan tersebut maka sudah seharusnya aspek ini menjadi perhatian pemerintah dalam rangka meningkatkan sumber daya masyarakat Indonesia yang berkualitas. Fisika sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah dinilai cukup memegang peranan penting dalam membentuk siswa menjadi berkualitas, karena fisika merupakan sarana berpikir untuk mengkaji sesuatu secara logis dan sistematis. Di dalam pembelajaran fisika diperlukan suatu metode mengajar yang bervariasi. Artinya dalam penggunaan metode mengajar tidak harus sama untuk semua pokok bahasan, sebab dapat terjadi bahwa suatu metode mengajar tertentu cocok untuk satu pokok bahasan tetapi tidak untuk pokok bahasan yang lain. Kenyataan yang terjadi adalah penguasaan siswa terhadap materi fisika masih tergolong rendah jika dibanding dengan mata pelajaran lain.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan deskripsi pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe student teams division (STAD) berbasis eksperimen yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas X SMA Darul Mukhlashin. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) pedoman penilaian kualitas keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi aktivitas belajar siswa, (2) tes individu (3) dokumentasi, dan (4) catatan lapangan.
Pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe student teams division (STAD) berbasis eksperimen dilakukan dengan beberapa fase yaitu (1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa dan (2) menyajikan informasi. Tahapan inti pada terdiri dari fase (3) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, (4) membimbing kelompok bekerja dan belajar, dan (5) evaluasi. Sedangkan tahapan akhir terdiri dari fase (6) memberikan penghargaan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe student teams division (STAD) berbasis eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika siswa. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II yaitu 52,94% dan 86,77%, nilai rata-rata ketuntasan belajar yang didapatkan pada pratindakan, siklus I, siklus II berturut-turut adalah 68,33, 70,88, dan 78,21. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa berturut-turut adalah 35,71%, 66,67%, 85,71% untuk pratindakan, siklus I, dan siklus II. Dengan demikian berdasarkan KKM pada mata pelajaran fisika dapat dinyatakan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan. Melihat hasil yang sudah mencapai KKM atau sudah dikatakan tuntas maka hal ini juga mempengaruhi aktivitas siswa terhadap pembelajaran fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe student teams division (STAD) berbasis eksperimen.


Ketersediaan
2125117/SB/2017KKI 530 ANW p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 ANW p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2015
Deskripsi Fisik
xiii-163 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar Siswa
Skripsi
Motivasi Belajar Siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik