Electronic Resource
Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Broblem Based Learning Terthadap Pemahaman Konsep Fisika Ditinjau Dari Self Regulated Learning Siswa Kelas X, SMK NEGER 1 Samapang Tahun 2015/2016
Strategi inkuiri terbimbing dan strategi problem based learning merupakan dua strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam pelajaran fisika terutama pada pemahaman konsep fisika, akan tetapi siswa memiliki Self Regulated Learning yang berbeda-beda yang dapat mempengaruhi pemahaman konsep fisika. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian self regulated learning siswa dengan strategi inkuiri terbimbing dan problem based learning mempengaruhi pemahaman konsep fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan problem based learning terhadap pemahaman konsep fisika ditinjau dari self regulated learning siswa kelas x, smk negeri 1 sampang tahun 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan analisis varian dua jalur, dimana subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Sampang yang terdiri dari 19 kelas. Subyek akan dipilih menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrument yang digunakan terdiri dari instrumen pengukuran antara lain soal pemahaman konsep, angket self regulated learning siswa, dan instrumen perlakuan antara lain silabus pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS). Uji prasyarat normalitas dan homogenitas pada nilai yang diperoleh dilakukan sebelum pengujian hipotesis. Uji normalitas menggunakan statistik Kolmograv-Smirnov, uji homogenitas menggunakan Test of Homogeneity of Variance, uji-t menggunakan Independent Samples Test dan uji Hipotesis Univariate Analysis of Variance dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows.
Hasil Penelitian ini antara lain: (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan strategi pembelajaran problem based learning di SMK Negeri 1 Sampang, (2)Terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang memiliki self regulated learning tinggi dengan self regulated learning rendah di SMK Negeri 1 Sampang, (3) Terdapat pengaruh antara interaksi strategi pembelajaran (inkuiri terbimbing dan problem based learning) dan self regulated learning siswa terhadap pemahaman konsep fisika. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya keterkaitan antara strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan problem based learning terhadap pemahaman konsep fisika ditinjau dari self regulated learning siswa di SMK Negeri 1 Sampang.
2125080/SB/2017 | KKI 530 ADA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain