Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Broblem Based Learning Terthadap Pemahaman Konsep Fisika Ditinjau Dari Self Regulated Learning Siswa Kelas X, SMK NEGER 1 Samapang Tahun 2015/2016

Electronic Resource

Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Broblem Based Learning Terthadap Pemahaman Konsep Fisika Ditinjau Dari Self Regulated Learning Siswa Kelas X, SMK NEGER 1 Samapang Tahun 2015/2016

Rodiyatul Adawiyah - Nama Orang; Drs. Sholikhan, S.Si., M.Pd. - Nama Orang; Chandra Sundaygara, S. Pd., M.Pd - Nama Orang;

Strategi inkuiri terbimbing dan strategi problem based learning merupakan dua strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam pelajaran fisika terutama pada pemahaman konsep fisika, akan tetapi siswa memiliki Self Regulated Learning yang berbeda-beda yang dapat mempengaruhi pemahaman konsep fisika. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian self regulated learning siswa dengan strategi inkuiri terbimbing dan problem based learning mempengaruhi pemahaman konsep fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan problem based learning terhadap pemahaman konsep fisika ditinjau dari self regulated learning siswa kelas x, smk negeri 1 sampang tahun 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan analisis varian dua jalur, dimana subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Sampang yang terdiri dari 19 kelas. Subyek akan dipilih menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrument yang digunakan terdiri dari instrumen pengukuran antara lain soal pemahaman konsep, angket self regulated learning siswa, dan instrumen perlakuan antara lain silabus pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS). Uji prasyarat normalitas dan homogenitas pada nilai yang diperoleh dilakukan sebelum pengujian hipotesis. Uji normalitas menggunakan statistik Kolmograv-Smirnov, uji homogenitas menggunakan Test of Homogeneity of Variance, uji-t menggunakan Independent Samples Test dan uji Hipotesis Univariate Analysis of Variance dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows.
Hasil Penelitian ini antara lain: (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan strategi pembelajaran problem based learning di SMK Negeri 1 Sampang, (2)Terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang memiliki self regulated learning tinggi dengan self regulated learning rendah di SMK Negeri 1 Sampang, (3) Terdapat pengaruh antara interaksi strategi pembelajaran (inkuiri terbimbing dan problem based learning) dan self regulated learning siswa terhadap pemahaman konsep fisika. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya keterkaitan antara strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan problem based learning terhadap pemahaman konsep fisika ditinjau dari self regulated learning siswa di SMK Negeri 1 Sampang.


Ketersediaan
2125080/SB/2017KKI 530 ADA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 ADA p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2016
Deskripsi Fisik
xiv, 128 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pemahaman Konsep Fisika
Skripsi
Strategi Inkuiri Terbimbing
Strategi Problem Based Learning
Self Regulated Learning Siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik