Electronic Resource
Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Dengan Menggunakan Model Problem Solving Untuk Meningkatklan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas VIII.A SMPK Mather Boni Consili (MBC) Ohe
Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran Fisika kelas VIII.A SMPK MBC OHE masih bersifat teacher centered. Walaupun sudah menggunakan metode demonstrasi, LKS yang dikerjakan oleh siswa tidak dibahas sehingga siswa kurang memahami, dan masih terbatasnya ruang gerak siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan. Sehingga pembelajarannya kurang menyenangkan dan cenderung membosankan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kelas hanya mencapai 60,8 dan siswa yang memenuhi KKM hanya 15 siswa atau 42,6% dari 32 siswa, sedangkan KKM yang digunakan di sekolah adalah 75.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII.A SMPK MBC OHE melalui pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dengan menggunakan model Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015-2016 kelas VIII.A SMPK MBC OHE. Subjek penelitian ini berjumlah 32 siswa .
Pendekatan CTL dengan menggunakan model problem solving menunjukan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap keterlaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu pada siklus I memperoleh persentase 73%, dan siklus II memperoleh peningkatan yaitu menjadi 89 %. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa dengan nilai rata-rata pada siklus I 72,65 adalah dan pada siklus II adalah 84,26. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dengan menggunakan model Problem Solving dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII.A SMP MBC OHE.
2125067/SB/2017 | KKI 530 KOL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain