Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Dengan Menggunakan Model Problem Solving Untuk Meningkatklan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas VIII.A SMPK Mather Boni Consili (MBC) Ohe

Electronic Resource

Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Dengan Menggunakan Model Problem Solving Untuk Meningkatklan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas VIII.A SMPK Mather Boni Consili (MBC) Ohe

Beatrix Koli - Nama Orang; Dr. H. Sudi Dul Aji, M.Si - Nama Orang; Dr. Nurul Ain, M.Si - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran Fisika kelas VIII.A SMPK MBC OHE masih bersifat teacher centered. Walaupun sudah menggunakan metode demonstrasi, LKS yang dikerjakan oleh siswa tidak dibahas sehingga siswa kurang memahami, dan masih terbatasnya ruang gerak siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan. Sehingga pembelajarannya kurang menyenangkan dan cenderung membosankan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kelas hanya mencapai 60,8 dan siswa yang memenuhi KKM hanya 15 siswa atau 42,6% dari 32 siswa, sedangkan KKM yang digunakan di sekolah adalah 75.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII.A SMPK MBC OHE melalui pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dengan menggunakan model Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015-2016 kelas VIII.A SMPK MBC OHE. Subjek penelitian ini berjumlah 32 siswa .
Pendekatan CTL dengan menggunakan model problem solving menunjukan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap keterlaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu pada siklus I memperoleh persentase 73%, dan siklus II memperoleh peningkatan yaitu menjadi 89 %. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa dengan nilai rata-rata pada siklus I 72,65 adalah dan pada siklus II adalah 84,26. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dengan menggunakan model Problem Solving dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII.A SMP MBC OHE.


Ketersediaan
2125067/SB/2017KKI 530 KOL p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 KOL p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2016
Deskripsi Fisik
xvii, 203 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Motivasi
Prestasi Belajar
Skripsi
Pendekatan CTL ( contectual teaching and learning)
Model problem Solving
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik