Electronic Resource
Pengaruh Minat Belajar Fisika, Fasilitas Belajar, Dan Komunikasi Dengan Teman Sebaya Terhadap prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Malang Tahun Ajaran 2015/2016
Prestasi belajar yang memuaskan tidak lepas dari berbagai kondisi yang membuat siswa dapat belajar dengan efektif dan dapat mengembangkan daya eksplorasinya. Oleh karena itu siswa memegang peranan penting dalam mencapai prestasi belajar yang baik, sehingga siswa yang melakukan kegiatan belajar perlu memiliki minat belajar yang tinggi, fasilitas yang memadai dan komunikasi dengan teman sebaya yang baik.
Minat belajar merupakan motivasi intrinsik yang lahir dalam diri seseorang yaitu sebagai sumber kekuatan pembelajaran yang menjadi daya penggerak bagi seseorang dalam melakukan aktivitasnya dengan penuh ketekunan, dengan perasaan senang dan cenderung menetap, fasilitas belajar adalah sesuatu yang dapat mempermudah dan memperlancar hasil belajar yang ingin di capai,teman sebaya adalah sekolompok anak yang memiliki umur relatif sama dan memilki kesukaan maupun hobi yang sama
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pada SMP Negeri 7 Malang dengan judul “Pengaruh minat belajar fisika,fasilitas belajar dirumah dan komunikasi dengan teman sebaya terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 7 Malang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar fisika,fasilitas belajar dirumah dan komunikasi dengan teman sebaya terhadap prestasi belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian survey, yaitu menggunakan instrumen angket untuk memperoleh data. Data yang diperoleh kemudian dilakukan tabulasi data untuk mengetahui sebaran jawaban responden serta dilakukan uji validitas dan uji realibilitas. Alat analisis yang di gunakan adalah tentang skala untuk mengetahui minat belajar fisika,fasilitas belajar dirumah,komunikasi dengan teman sebaya dan prestasi belajar. Sedangkan untuk mengetahui keeratan hubungan antar variabel menggunakan analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji f dan uji t.
Hasil analisis berdasarkan pengujian secara simultan membuktikan bahwa minat belajar fisika (0.008 < 0,05),fasilitas belajar dirumah (0,003 < 0,05),komunikasi dengan teman sebaya (0,008 < 0,05) secara bersama-sama mempengaruhi siswa terhadap prestasi belajar
2124994/SB/2017 | KKI 530 JUN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain