Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VII A SMP PGRI 01 Singosari Tahun Ajaran 2015/2016
Observasi awal pada kelas VII A SMP PGRI 1 Singosari, model pembelajaran Fisika yang diguanakan guru kurang tepat. Pembelajaran hanya terfokus pada guru dan kurangnya keikutsertaan siswa pada kegiatan pembelajaran. Akibatnya, belajar Fisika dipandang merupakan pelajaran menghafal serta kegiatan yang membosankan. Siswa yang memenuhi ketuntasan belajar hanya sebesar 46,7% (16 dari 30 siswa). Untuk itu, perlu adanya perbaikan terhadap model pembelajaran yang digunakan. Dalam kesempatan ini peneliti menerapkan model Quantum Teaching untuk meningkatkan prestasi belajar Fisika siswa. Tujuan penelitian adalah : (1) Mendeskripsikan penerapan model Quantum Teaching meningkatakan prestasi belajar Fisika siswa kelas VII A SMP PGRI 01 Singosari (2) Meningkatakan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fisika siswa kelas VII A SMP PGRI 01 Singosari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dan tiap siklus terdiri 2 pertemuan dengan alokasi waktu 3 x 40 menit. Langkah-langkah setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan pada semester 2 pada kelas VII A SMP PGRI 01 Singosari yang berjumlah 30 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan perolehan nilai rata-rata pada pratindakan sebesar 69,7 dengan ketuntasan belajar sebesar 46,7% (14 dari 30 siswa), pada sikklus I meningkat menjadi 77,16 dengan ketuntasan klasikal sebesar 63,33% (19 dari 30 siswa), pada siklus II meningkat menjadi 85,16 dengan ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar sebesar 80% (24 dari 30 siswa).
Dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Kualitas keterlaksanan model pembelajaran Quantum Teaching yang dilakukan di kelas VII A SMP PGRI 01 Singosari termasuk kategori baik dengan skor rata-rata ketercapaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 78,11% dan pada siklus II sebesar 87,49%. Sehingga skor ketercapaian pelaksanaan pembelajaran sebesar 9,38%. (2) Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa yaitu pada siklus I sebesar 77,16% dan pada siklus II sebesar 85,16%, sehingga prestasi belajar dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8%.
2124992/SB/2017 | KKI 530 AJE p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain