Electronic Resource
Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dengan Metode Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa MTS Miftahul Ulum Dampit Kabupaten Malang
MTs Miftahul Ulum Dampit merupakan salah satu tempat belajar siswa yang baik karena keadaan sekolah yang jauh dari keramaian dan kebisingan kota. Kegiatan pembelajaran menggunakan metode ceramah sehingga kegiatan pembelajaran di kelas VIII A belum maksimal dan membuat keaktifan dan prestasi belajar siswa rendah. Nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa kelas VIII A masih kurang dari standar yang sudah ditentukan oleh sekolah. Siswa begitu antusias saat peneliti bertanya apakah mereka ingin belajar kelompok dan melakukan praktikum menggunakan riddle, mereka menjawab sangat ingin. Rasa ingin tahunya cukup tinggi. Dari kondisi siswa ini peneliti ingin menerapkan strategi pembelajaran inkuiri menggunakan metode pictorial riddle sebagai solusi untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII A.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan metode pictorial riddle untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa MTs. Miftahul Ulum Dampit Kabupaten Malang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A MTs. Miftahul Ulum Dampit Kabupaten Malang yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, instrument pembelajaran berupa perangkat pembelajaran, lembar kerja siswa, lembar observasi keaktifan belajar siswa, tes prestasi belajar dan pedoman observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisa data yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai menggunakan skala ketuntasan belajar minimum yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah menggunakan metode analisis deskriptif dalam bentuk persentase.
Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 91,67% dan siklus II sebesar 96,88% sehingga mengalami peningkatan sebesar 5,21 %. peningkatan keaktifan belajar siklus I sebesar 78,79% dengan criteria baik dan pada siklus II sebesar 88,13 % dengan criteria baik terjadi peningkatan sebesar 9,34%. Nilai rata-rata prestasi belajar sebelum tindakan adalah 63,36 sedangkan pada siklus I adalah 72,36 dan pada siklus II adalah 80,48. Ketuntasan belajar sebelum tindakan sebesar 36% Atau 9 siswa, sedangkan pada siklus I sebesar 64% atau 16 siswa, dan pada siklus II sebesar 84% atau 21 siswa.
Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan metode pictorial riddle dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa MTs.Miftahul Ulum Dampit kabupaten Malang
2124988/SB/2017 | KKI 530 SUL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain