Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dengan Metode Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa MTS Miftahul Ulum Dampit Kabupaten Malang

Electronic Resource

Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dengan Metode Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa MTS Miftahul Ulum Dampit Kabupaten Malang

Yuni Sulistyowati - Nama Orang; Akhmad Jufriadi, S. Si., M. Si. - Nama Orang; Drs, Sholikan, S.Si, M.Pd - Nama Orang;

MTs Miftahul Ulum Dampit merupakan salah satu tempat belajar siswa yang baik karena keadaan sekolah yang jauh dari keramaian dan kebisingan kota. Kegiatan pembelajaran menggunakan metode ceramah sehingga kegiatan pembelajaran di kelas VIII A belum maksimal dan membuat keaktifan dan prestasi belajar siswa rendah. Nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa kelas VIII A masih kurang dari standar yang sudah ditentukan oleh sekolah. Siswa begitu antusias saat peneliti bertanya apakah mereka ingin belajar kelompok dan melakukan praktikum menggunakan riddle, mereka menjawab sangat ingin. Rasa ingin tahunya cukup tinggi. Dari kondisi siswa ini peneliti ingin menerapkan strategi pembelajaran inkuiri menggunakan metode pictorial riddle sebagai solusi untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII A.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan metode pictorial riddle untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa MTs. Miftahul Ulum Dampit Kabupaten Malang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A MTs. Miftahul Ulum Dampit Kabupaten Malang yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, instrument pembelajaran berupa perangkat pembelajaran, lembar kerja siswa, lembar observasi keaktifan belajar siswa, tes prestasi belajar dan pedoman observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisa data yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai menggunakan skala ketuntasan belajar minimum yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah menggunakan metode analisis deskriptif dalam bentuk persentase.
Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 91,67% dan siklus II sebesar 96,88% sehingga mengalami peningkatan sebesar 5,21 %. peningkatan keaktifan belajar siklus I sebesar 78,79% dengan criteria baik dan pada siklus II sebesar 88,13 % dengan criteria baik terjadi peningkatan sebesar 9,34%. Nilai rata-rata prestasi belajar sebelum tindakan adalah 63,36 sedangkan pada siklus I adalah 72,36 dan pada siklus II adalah 80,48. Ketuntasan belajar sebelum tindakan sebesar 36% Atau 9 siswa, sedangkan pada siklus I sebesar 64% atau 16 siswa, dan pada siklus II sebesar 84% atau 21 siswa.
Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan metode pictorial riddle dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa MTs.Miftahul Ulum Dampit kabupaten Malang


Ketersediaan
2124988/SB/2017KKI 530 SUL p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 SUL p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2016
Deskripsi Fisik
i-204 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Pictorial Riddle
Keaktifan
Skripsi
Inkuiri
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik