Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Stad (Student Teams Achievement Divisions) Berbasis Eksperimen Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi belajar Fisika, Siswa kelas VII-B SMP PGRI 2 SIngosari Tahun Ajaran 2015/2016
Observasi yang dilakukan pada tanggal 22 April sampai 6 Mei 2016 di SMP PGRI 2 Singosari diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Penerapan model pembelajaran belum optimal, hal ini dikarenakan cara guru mengajar dan model pembelajaran yang digunakan kurang menarik perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran. (2) Prestasi belajar siswa masih rendah karena belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM), hanya ada 15 siswa yang sudah mencapai KKM yaitu 42,4% dan rata-rata nilainya 70 (KKM SMP PGRI 2 Singosari 75), (3) Dalam proses pembelajaran, siswa kurang aktif dalam memperhatikan penjelasan guru, melakukan percobaan/pengamatan dan berkomunikasi, hal ini ditunjukan karena pada setiap pembelajaran siswa merasa bosan sehingga tidak bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan hasil observasi tersebut maka peneliti akan melakukan penelitian tentang “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Divisions) Berbasis Eksperimen Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Fisika, Siswa Kelas VII B SMP PGRI 2 Singosari. Alasan dipilihnya Model STAD (Student Teams Achievement Divisions) Berbasis Eksperimen Terbimbing pada dasarnya mampu mendorong dan melatih siswa untuk mengorganisasikan pengetahuan dan kemampuannya sendiri, karena menggunakan pendekatan pemecahan masalah pada dunia nyata dalam kehidupannya sehari-hari, pemecahan masalah pada Model STAD (Student Teams Achievement Divisions) Berbasis Eksperimen Terbimbing dapat mengembangkan Aktivitas siswa untuk aktif, ketekunan, dan dapat menumbuhkan kepercayaan diri dalam mengikuti pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar mereka.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan prestasi belajar dari keadaan awal 64,57, siklus I 71,06, dan siklus II 89,72. Sedangkan aktivitas juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 6,49%, baik dan siklus II 85,08%, dengan peningkatan sebesar 13,31%.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian Model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbasis eksperimen terbimbing dapat meningkatkan Aktivitas dan prestasi belajar Ipa siswa SMP PGRI II SINGOSARI.
2124908/SB/2017 | KKI 530 AMM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain