Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5 E Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAK Diponegoro Blitar

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5 E Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAK Diponegoro Blitar

Novita Dian Putri Irawan - Nama Orang; Dr. H. Sudi Dul Aji, M.Si - Nama Orang; Maris Kurniawati, S.Si., M.Kes., M.Si. - Nama Orang;

Tujuan dari penelitian ini antara lain adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan posstest-only control design yang terdiri dari dua variabel bebas dan dua variabel terikat. Variabel bebas adalah model pembelajaran Learning Cycle 5E dan model pembelajaran konvensional sedangkan variabel terikat adalah motivasi dan prestasi belajar fisika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAK Diponegoro Blitar yang bejumlah 40 siswa. Penelitian ini menggunaan simple random sampling. Setelah dilakukan random dihasilkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen (20 siswa) dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol (20 siswa). Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran Learning Cycle 5E sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensioanal. Data dikumpulkan dengan lembar observasi motivasi belajar dan soal posttest. Data observasi dan posttest dianalisis dengan menggunakan statistik MANOVA dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini antara lain (1) ada perbedaan motivasi belajar fisika yang diajarkan dengan pembelajaran Learning Cycle 5E dan pembelajaran konvensional; (2) ada perbedaan prestasi belajar fisika yang diajarkan dengan pembelajaran Learning Cycle 5E dan pembelajaran konvensional (3) ada interaksi model pembelajaran Learning Cycle 5E dan motivasi terhadap prestasi belajar fisika


Ketersediaan
2124850/SB/2017KKI 530 IRA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 IRA p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2016
Deskripsi Fisik
xiv, 156 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Learning Cycle 5E
Motivasi Belajar
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik