Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5 E Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAK Diponegoro Blitar
Tujuan dari penelitian ini antara lain adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan posstest-only control design yang terdiri dari dua variabel bebas dan dua variabel terikat. Variabel bebas adalah model pembelajaran Learning Cycle 5E dan model pembelajaran konvensional sedangkan variabel terikat adalah motivasi dan prestasi belajar fisika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAK Diponegoro Blitar yang bejumlah 40 siswa. Penelitian ini menggunaan simple random sampling. Setelah dilakukan random dihasilkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen (20 siswa) dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol (20 siswa). Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran Learning Cycle 5E sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensioanal. Data dikumpulkan dengan lembar observasi motivasi belajar dan soal posttest. Data observasi dan posttest dianalisis dengan menggunakan statistik MANOVA dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini antara lain (1) ada perbedaan motivasi belajar fisika yang diajarkan dengan pembelajaran Learning Cycle 5E dan pembelajaran konvensional; (2) ada perbedaan prestasi belajar fisika yang diajarkan dengan pembelajaran Learning Cycle 5E dan pembelajaran konvensional (3) ada interaksi model pembelajaran Learning Cycle 5E dan motivasi terhadap prestasi belajar fisika
2124850/SB/2017 | KKI 530 IRA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain