Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Fisika SMP PGRI 6 Malang Tahun Ajaran 2015/2016
Berdasarkan obsevasi di kelas VIII C SMP PGRI 6 Malang diperoleh data keadaan siswa sebagai berikut. (1) Tidak ada keberanian dalam bertanya kepada guru apa bila ada penjelasan yang tidak dimengerti, (2) Tidak ada keberanian dalam mengungkapkan ide atau pendapat ketika diberikan kesempatan, (3) Prestasi belajar siswa masih rendah hal ini diperoleh dari nilai rata-rata ulangan harian sebelumnya mencapai 62,88 dengan siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum mencapai 13 siswa dari 26 siswa (50%), (4) metode yang digunakan guru fisika masih menggunakan metode ceramah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kualitas proses pembelajaran dengan penerapan model problem based learning di SMP PGRI 6 Malang, (2) Peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning di SMP PGRI 6 Malang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau Classrom Action Research (CAR). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP PGRI 6 Malang yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini sebanyak 2 siklus. Instument penelitian berupa perangkat pembelajaran, lembar observasi motivasi belajar siswa, tes, serta lembar keterlaksanaan model pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada siklus I mencapai 80,94 % yang tergolong baik dan pada siklus II mencapi 90,36 % yang tergolong dalam kriteria sangat baik. Nilai rata-rata perstasi belajar siswa dari keadaan awal 62,88 dengan siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 50%, pada siklus I nilai perstasi belajar siswa 72,12 dengan siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 65,38 % sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 85,19 prestasi siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 84,62%.
Kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based Leraning (PBL) dengan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi belajar siswa Fisika di SMP PGRI 6 Malang Tahun Ajaran 2015/2016.
2124849/SB/2017 | KKI 530 BER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain