Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Kelas VIII A SMP PGRI 01 Singosari Tahun Ajaran2015/2016
Pembelajaran Group Investigation (GI) merupakan pembelajaran yang lebih mengutamakan keterlibatan siswa secara aktif. Pembelajaran Group Investigation (GI) adalah: salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang akan dipelajari melalui bahan-bahan yang tersedia, misalnya dari buku pelajaran atau siswa dapat mencari melalui internet.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII-A SMP PGRI 01 Singosari melalui pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan tekanan hidrostatis, hukum pascal, bejana berhubungan dan pada siklus II pada pokok bahasan tekanan pada zat cair, benda tenggelam, terapung dan melayang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dikelas VIII-A SMP PGRI 01 Singosari. Subyek dalam penelitian ini kelas VIII-A SMP PGRI 01 Singosari berjumlah 38 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran siklus I (75,86 %), dan siklus II (92,11%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas proses pembelajaran baik. Untuk motivasi belajar siswa menunjukkan siklus I (77,18%), dan siklus II (91,06%), dengan demikian motivasi belajar siswa masuk dalam kriteria baik. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi siswa, nilai rata-rata prestasi belajar keadaan awal (64,08), siklus I (75,39) dan siklus II (85,79), dengan ketuntasan belajar di keadaan awal (39,47%), siklus I (63,16%) dan siklus II (92,11%) dan berada dalam kriteria sangat baik. .
Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penelitian model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Fisika kelas VIII-A SMP PGRI 01 Singosari.
2124840/SB/2017 | KKI 530 EBA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain