Electronic Resource
Pengaruh Srategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Kelas X IPA SMA Kr. Petra Malng Tahun Pelajaran 2015/2016
Strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas dipilih karena merupakan salah satu stratetgi pembelajaran kooperatif dan efektif untuk pembelajaran fisika. Pembelajaran yang diawali dengan memberikan permasalahan diupayakan dapat memperdayakan kemampuan siswa secarah optimal guna mendorong siswa untuk berpikir logis, induktif, dan deduktif dalam menghubungkan konsep-konsep fisika sehingga mereka mampu menghasilkan gagasan-gagasan baru dan mengkonstuksikan pengetahuan dengan tuntunan guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mengetahui perbedaaan prestasi belajar antaar siswa yang diajar dengan strategi Guided Inquiry dan siswa yang diajar dengan Free Inquiry, (2) Untuk mengetahui perbedaan tingkat sikap ilmiah tinggi dan tingkat sikap ilmiah renda siswa terhadap prestasi belajar fisika, (3) Untuk mengetahui pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar dam pembelajaran fisika.
Hasil penelitian menunjukksn bahwa: (1) ada perbedaan prestasi belajar fisika, antara siswa yang belajar menggunakan starategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang belajar menggunkan strategi pembelajaran inkuiri bebas (Fhitung sebesar 0,75 pada taraf signifikan 0,04 > 0,05). (2) ada perbedaan prestasi belajar fisika, antara siswa yang mempunyai kemampuan sikap ilmiah tinggi dengan siswa yang mempunyai kemampuan sikap ilmiah rendah (Fhitung sebesar 1,023 pada taraf signifikan 0,01 < 0,05). (3) ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar fisika (Fhitung sebesar 1,575 pada taraf signifikan 0,03 > 0,05).
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri terbimbing ini dapat meningkatkan prestasi belajar yang ditinjau dari sikap ilmiah, baik untuk siswa yang tergolong dalam kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen.
2124750/SB/2017 | KKI 530 ERO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain