Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Srategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Kelas X IPA SMA Kr. Petra Malng Tahun Pelajaran 2015/2016

Electronic Resource

Pengaruh Srategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Kelas X IPA SMA Kr. Petra Malng Tahun Pelajaran 2015/2016

Rosiana Maria Ero - Nama Orang; Hena Dian Ayu, S.Si., M.Si., M.Pd. - Nama Orang; Drs. Solikhan, S.Si., M.Pd - Nama Orang;

Strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas dipilih karena merupakan salah satu stratetgi pembelajaran kooperatif dan efektif untuk pembelajaran fisika. Pembelajaran yang diawali dengan memberikan permasalahan diupayakan dapat memperdayakan kemampuan siswa secarah optimal guna mendorong siswa untuk berpikir logis, induktif, dan deduktif dalam menghubungkan konsep-konsep fisika sehingga mereka mampu menghasilkan gagasan-gagasan baru dan mengkonstuksikan pengetahuan dengan tuntunan guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mengetahui perbedaaan prestasi belajar antaar siswa yang diajar dengan strategi Guided Inquiry dan siswa yang diajar dengan Free Inquiry, (2) Untuk mengetahui perbedaan tingkat sikap ilmiah tinggi dan tingkat sikap ilmiah renda siswa terhadap prestasi belajar fisika, (3) Untuk mengetahui pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar dam pembelajaran fisika.
Hasil penelitian menunjukksn bahwa: (1) ada perbedaan prestasi belajar fisika, antara siswa yang belajar menggunakan starategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang belajar menggunkan strategi pembelajaran inkuiri bebas (Fhitung sebesar 0,75 pada taraf signifikan 0,04 > 0,05). (2) ada perbedaan prestasi belajar fisika, antara siswa yang mempunyai kemampuan sikap ilmiah tinggi dengan siswa yang mempunyai kemampuan sikap ilmiah rendah (Fhitung sebesar 1,023 pada taraf signifikan 0,01 < 0,05). (3) ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar fisika (Fhitung sebesar 1,575 pada taraf signifikan 0,03 > 0,05).
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri terbimbing ini dapat meningkatkan prestasi belajar yang ditinjau dari sikap ilmiah, baik untuk siswa yang tergolong dalam kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen.


Ketersediaan
2124750/SB/2017KKI 530 ERO p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 ERO p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2016
Deskripsi Fisik
i-123 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Sikap Ilmiah
Inkuiri Bebas
Skripsi
Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik