Electronic Resource
Peningkatan Pemahaman Konsep Usaha Dan Energi Pada Siswa Kelas X TKR 1 SMK Ahmad Yani Bangil Melalui Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE)
Pembelajaran Fisika materi usaha dan energi yang dilaksanakan di kelas X TKR 1 SMK Ahmad Yani Bangil dilaksanakan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas yang ditulis pada lembar soal-soal. Hal ini memunculkan beberapa permasalahan yang ditemukan pada saat studi pendahuluan, yaitu: (1) Selama berlangsungnya proses pembelajaran Fisika, siswa sering terlihat kurang perhatian. Siswa masih banyak yang gaduh dengan aktivitasnya sendiri yang tidak berhubungan dengan materi Fisika yang sedang dibahas; (2) Pemahaman konsep usaha dan energi pada siswa rendah. Kemampuan merekontruksi kembali konsep-konsep usaha dan energi dalam menjawab soal-soal tes masih rendah; (3) Guru merasa menemui hambatan dalam menciptakan situasi pembelajaran yang terpusat pada aktivitas siswa; (4) Guru belum menerapkan model pembelajaran yang membuat siswa menemukan konsep-konsep Fisika yang dipelajari. Nilai rata-rata kelas semester 1 tahun pelajaran 2015-2016 adalah 64.8. Prosentase ketuntasan belajarnya mencapai 50% atau 17siswa dari 34 siswa seluruhnya. Standar Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan pada pelajaran Fisika adalah 70 dengan ketuntasan belajar ≥85%.
Hasil studi pendahuluan tersebut mendorong peneliti sebagai Guru Fisika untuk memperbaiki kondisi tersebut melalui penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kualitas keterlaksanaan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE)pada pembelajaran Fisika materi usaha dan energi di kelas X TKR 1 SMK Ahmad Yani Bangil; dan 2) Mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep usaha dan energi pada siswa kelas X TKR 1 SMK Ahmad Yani Bangil pada pembelajaran Fisika setelah penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE).
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Ahmad Yani Bangil, Jl. Bader No. 7 Bangil.Adapun subyek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X TKR 1 SMK Ahmad Yani Bangil yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini direncanakan berlangsung selama 4 bulan, yaitu mulai dari bulan Oktober 2015 sampai dengan bulan Desember 2015. Langkah-langkah pembelajaran Fisika melalui model pembelajaran Predict Observe Explain (POE)tersebut dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas dalam 2 (dua) siklus. Data hasil penelitian diolah secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE)dalam penelitian ini terbukti mampu meningkatkan pemahaman konsep usaha dan energi pada siswa kelas X TKR 1 SMK Ahmad Yani Bangil. Prosentase skor rata-rata keterampilan proses sains siswa yang diamati berdasarkan aspek keterampilan memprediksi, keterampilan mengamati, dan keterampilan menjelaskan, pada siklus I sebesar 60%, pada siklus II menjadi 80% atau meningkat 20%.Nilai rata-rata kelas siswa pada siklus I sebesar 69.85, pada siklus II menjadi 94.12 atau meningkat 10.15 poin.Prosentase Ketuntasan Belajar siswa pada siklus I sebesar 67.65%, pada siklus II menjadi 94.12% atau meningkat 26.47%.
2124725/SB/2017 | KKI 530 SAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain