Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan Pemahaman Konsep Usaha Dan Energi Pada Siswa Kelas X TKR 1 SMK Ahmad Yani Bangil Melalui Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE)

Electronic Resource

Peningkatan Pemahaman Konsep Usaha Dan Energi Pada Siswa Kelas X TKR 1 SMK Ahmad Yani Bangil Melalui Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE)

Alfiyah Kusuma Sari - Nama Orang; Akhmad Jufriadi, S. Si., M. Si. - Nama Orang; Drs. Sholikhan, S.Si., M.Pd. - Nama Orang;

Pembelajaran Fisika materi usaha dan energi yang dilaksanakan di kelas X TKR 1 SMK Ahmad Yani Bangil dilaksanakan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas yang ditulis pada lembar soal-soal. Hal ini memunculkan beberapa permasalahan yang ditemukan pada saat studi pendahuluan, yaitu: (1) Selama berlangsungnya proses pembelajaran Fisika, siswa sering terlihat kurang perhatian. Siswa masih banyak yang gaduh dengan aktivitasnya sendiri yang tidak berhubungan dengan materi Fisika yang sedang dibahas; (2) Pemahaman konsep usaha dan energi pada siswa rendah. Kemampuan merekontruksi kembali konsep-konsep usaha dan energi dalam menjawab soal-soal tes masih rendah; (3) Guru merasa menemui hambatan dalam menciptakan situasi pembelajaran yang terpusat pada aktivitas siswa; (4) Guru belum menerapkan model pembelajaran yang membuat siswa menemukan konsep-konsep Fisika yang dipelajari. Nilai rata-rata kelas semester 1 tahun pelajaran 2015-2016 adalah 64.8. Prosentase ketuntasan belajarnya mencapai 50% atau 17siswa dari 34 siswa seluruhnya. Standar Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan pada pelajaran Fisika adalah 70 dengan ketuntasan belajar ≥85%.
Hasil studi pendahuluan tersebut mendorong peneliti sebagai Guru Fisika untuk memperbaiki kondisi tersebut melalui penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kualitas keterlaksanaan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE)pada pembelajaran Fisika materi usaha dan energi di kelas X TKR 1 SMK Ahmad Yani Bangil; dan 2) Mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep usaha dan energi pada siswa kelas X TKR 1 SMK Ahmad Yani Bangil pada pembelajaran Fisika setelah penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE).
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Ahmad Yani Bangil, Jl. Bader No. 7 Bangil.Adapun subyek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X TKR 1 SMK Ahmad Yani Bangil yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini direncanakan berlangsung selama 4 bulan, yaitu mulai dari bulan Oktober 2015 sampai dengan bulan Desember 2015. Langkah-langkah pembelajaran Fisika melalui model pembelajaran Predict Observe Explain (POE)tersebut dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas dalam 2 (dua) siklus. Data hasil penelitian diolah secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE)dalam penelitian ini terbukti mampu meningkatkan pemahaman konsep usaha dan energi pada siswa kelas X TKR 1 SMK Ahmad Yani Bangil. Prosentase skor rata-rata keterampilan proses sains siswa yang diamati berdasarkan aspek keterampilan memprediksi, keterampilan mengamati, dan keterampilan menjelaskan, pada siklus I sebesar 60%, pada siklus II menjadi 80% atau meningkat 20%.Nilai rata-rata kelas siswa pada siklus I sebesar 69.85, pada siklus II menjadi 94.12 atau meningkat 10.15 poin.Prosentase Ketuntasan Belajar siswa pada siklus I sebesar 67.65%, pada siklus II menjadi 94.12% atau meningkat 26.47%.


Ketersediaan
2124725/SB/2017KKI 530 SAR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 SAR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2016
Deskripsi Fisik
xi, 117 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pemahaman Konsep
Skripsi
Model Pembelajaran Poe
Usaha dan Energi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik