Electronic Resource
Pengaruh strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Berbantuan Eksperimen Ditinjau Dari Self Regulated Learning Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 03 Malang Tahun Ajaran 2015/2016
Siswa yang aktif mengembangkan diri sangat diperlukan untuk mendapatkan pemahaman konsep yang lebih baik. Siswa yang aktif memiliki makna bahwa siswa tersebut mempunyai Selft Regulated Learning tinggi, sehingga metode inkuiri yang di dukung dengan Selft Regulated Learning (SRL) dapat menghasilkan sebuah pemahaman konsep yang lebih baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan Pemahaman konsep yang diajarkan menggunakan metode inkuiri terbimbing dengan metode inkuiri bebas, (2) Pemahaman konsep berdasarkan Selft Reguated Learning tinggi dan Selft Reguated Learning rendah, (3) Interaksi antara metode inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas terhadap pemahaman konsep ditinjau dari Selft Reguated Learning
Penelitian ini merupakan jenis penelitian experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Malang tahun pelajaran 2015/2016. Penentuan sampel dengan teknik purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 136 siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh sebagai berikut : (1) Ada perbedaan pemahaman konsep belajar antara pengguna metode inkuiri terbimbing dan metode inkuiri bebas ( 0,000 ≤ 0,05); (2) Tidak ada perbedaan pemahaman konsep antara kelompok SRL tinggi dengan kelompok SRL rendah (0,707.> 0,05), (3) Adanya interaksi antara metode inkuiri terbimbing dan metode inkuiri bebas ditinjau dari Selft Regulated Learning (0,05 ≤ 0,05).
2124584/SB/2017 | KKI 530 ANG p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain