Electronic Resource
Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 17 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014
Berdasarkan pengamatan bahwa dalam suatu lembaga pendidikan, prestasi belajar merupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa tinggi rendahnya prestasi belajar siswa banyak berhubungan dengan faktor-faktor lain disamping proses pengajaran itu sendiri. Prestasi belajar tidak hanya dipengaruhi oleh motivasi tetapi juga dipengaruhi oleh disiplin. Motivasi adalah daya upaya yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu atau daya penggerak dari subyek untuk melakukan suatu perbuatan dalam suatu tujuan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh motivasi dan disiplin terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Malang tahun pelajaran2013/2014 dan seberapa besar pengaruh motivasi dan disiplin terhadap prestasi belajar secara bersama-sama siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Malang tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara motivasi dan disiplin terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014 dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi dan disiplin terhadap prestasi belajar secara bersama-sama siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014 berjumlah 298 siswa dari 7 kelas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan proposional random sampling. Untuk mengetahui jumlah sampel yang akan diambil dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh 75 siswa yang akan digunakan sebagai sampel penelitian. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi dan disiplin siswa sebagai variabel bebas serta prestasi belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik kuesioner (angket) dan dokumentasi. Hasil pengujian menggunakan program SPSS dengan uji parsial atau uji(t) diketahui nilai signifikansi untuk variabel motivasi sebesar 0,046 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh antara motivasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Malang, atau Ha diterima. Untuk variabel disiplin belajar diketahui nilai signifikansi sebesar 0,037 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara disiplin terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Malang, atau Ha diterima Hasil perhitungan koefisien dterminasi dengan mengunakan model summary nilai R Square diketahui bahwa besarnya pengaruh antara X1 dan X2 terhadap Y sebesar 0,597 atau 59,70%. Nilai tersebut menunjukkan besarnya pengaruh yang diberikan oleh variabel dependent (motivasi dan disiplin belajar) terhadap variabel independent (prestasi belajar siswa), sedangkan sisanya yaitu sebesar 40,30% hal tersebut karena di pengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
2124564/SB/2017 | KKI 910 MEG p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain