Electronic Resource
Pengaruh Model Inkuiri Dan SELF Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XII IPA MAN 2 Pamekasan
Berdasarkan hasil observasi di MAN 2 Pamekasan diketahui bahwa siswa sulit memahami pembelajaran yang diharapkan oleh guru. Selain itu siswa kurang
terlibat dalam proses pembelajaran. Sedangkan fisika adalah ilmu alam yang penerapannya memerlukan pemaparan definisi, eksperimen, dan hitungan.
Ditinjau dari definisi ilmu fisika, maka diperlukan sebuah model yang sesuai dengan kondisi lingkungan pembelajaran di MAN 2 Pamekasan. Peneliti dalam
hal ini, memiliki beberapa tujuan yaitu: (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa antara model pembelajaran inkuiri bebas dan termodifikasi,
(2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang self regulated learning (SRL) tinggi dan rendah, (3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran inkuiri bebas dan termodifikasi dengan SRL siswa terhadap hasil belajar.
Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MAN 2 Pamekasan. Penentuan sampel pada penelitian ini dipilih berdasarkan teknik purposive sampling yaitu kelas XII IPA 2 dan XII IPA 3 yang berjumlah 76 siswa. Data dikumpulkan dengan dokumentasi hasil belajar dan angket SRL. Data yang diperoleh dianalisis dengan ANOVA (Analysis of Variance) dua jalur.Hasil dalam penelitian yaitu (1) ada perbedaan hasil belajar fisika, antara siswa yang belajar menggunakan inkuiri bebas dan termodifikasi, (2) ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai kemampuan SRL tinggi dan rendah , (3) tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran inkuiri dan kemampuan SRL
2124553/SB/2017 | KKI 530 AGU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain