Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 4 Sngosari Malang Tahun Pelajaran 2015/2016
Dari hasil wawancara dengan salah satu guru fisika di SMP Muhammadiyah 4 Singosari, menyatakan bahwa pembelajaran disana masih lebih ke teacher center dan hanya sedikit melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Metode tersebut tidak memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa, hal ini berakibat siswa mengalami kesulitan menyelesaikan suatu masalah. Oleh karena itu Problem Based Learning mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan ikut berperan dalam pemecahan suatu masalah sehingga akan terjadi interaksi aktif antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa.
Model pembelajaran Problem Based Learning terdiri dari 5 langkah pembelajaran yaitu: Orientasi siswa terhadap masalah, Mengorganisasikan siswa untuk belajar, Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Di dalam kegiatan Problem Based Learning mencakup pembelajaran visual, eksperimen dan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari sehingga akan meningkatkan berpikir kritis siswa dan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan Penelitiaan Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Siklus pertama membahas materi tekanan, tekanan hidrostatis, dan bejana berhubungan. Sedangkan siklus kedua membahas hukum pascal, hukum achimedes, dan tekanan udara. Penelitian ini dilakukan di semester ganjil 2015-2016 di kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 4 Singosari Malang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 27 Siswa yang terdiri dari 13 siswa dan 14 siswi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan yaitu pada siklus I yang sebesar 64.7% pada siklus II meningkat menjadi sebesar 93.3%. Sedangkan dari analisis berpikir kritis siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu rata-rata pada tiap aspeknya mengalami peningkatan sebesar 12.81%. Dan analisis prestasi belajar juga mengalami peningkatan dari siklus I yang nilai rata-ratanya sebesar 71.8 meningkat pada siklus II menjadi rata-rata 79.5.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan Berpikir Kritis dan Prestasi belajar Fisika siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 4 Singosari Malang Tahun Pelajaran 2015-2016
2124514/SB/2017 | KKI 530 SHA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain