Electronic Resource
Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Ular Tangga Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Malang Tahun Ajaran 2015/2016
Berdasarkan observasi terhadap keterlaksanaan pembelajaran IPA di kelas VIII H SMP Negeri 17 Malang, dapat diketahui bahwa metode yang diterapkan dikelas tersebut adalah metode ceramah, pemberian tugas, dan tanya jawab. Sedangkan hanya sebagian siswa saja yang mendengarkan penjelasan guru, mau mengerjakan latihan soal dan mengerjakan tugas. Hal ini yang menyebabkan hasil belajar siswa sangat rendah, karena kurangnya motivasi dan cara mengajar guru yang kurang menyenangkan sehingga siswa tidak termotivasi untuk belajar. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan terhadap metode pembelajaran yang dipakai. Dalam hal ini peneliti menerapkan Model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dengan media ular tangga untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif TGT (Team Games Tournament) dengan media ular tangga pada pokok bahasan pesawat sederhana pada siklus I dan gerak pada benda pada siklus II.
Model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dengan media ular tangga terdiri dari 4 tahap kegiatan, yaitu Penyajian kelas, Belajar Kelompok, Games dan Tournament, dan penghargaan tim (team recognize. Dalam pembelajaran ini ada sebuah permainan akademik yang membuat siswa senang karena daat bermain sambil belajar. siswa akan dibagi ke dalam beberapa kelompok yang heterogen yang berdasarkan tingkat kemampuan dari masing-masing siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan Pesawat sederhana dan siklus II dengan pokok bahasan Gerak Pada Benda. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 dikelas VIIIH SMP Negeri 17 Malang yang berjumlah 35 siswa. Berdasarkan analisis motivasi belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata motivasi belajar siklus I (73%) dan siklus II (86%). Serta rata-rata hasil belajar prasiklus (55), siklus I (71), dan siklus II (80).
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil belajar IPA siswa kelas VIII H SMP Negeri 17 Malang.
2124475/SB/2017 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain