Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Fisika Kelas VII-H SMP Negeri 05 Kepanjen Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2015/2016
Pembelajaran sains merupakan pembelajaran yang lebih mengutamakan proses daripada hasil. Pembelajaran Group Investigation (GI), adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang akan dipelajari melalui bahan-bahan yang tersedia. Dalam pembelajaran kooperatif tipe GI terdapat kegiatan-kegiatan pengelompokkan (Grouping), Perencanaan Kooperatif (Planning), Penyelidikan (Investigation)/Implementasi, Pengorganisasian (Organizing)/Analisis dan Sintesis, Presentasi Hasil final (Presenting) dan Evaluasi (Evaluating).
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa dan prestasi belajar siswa kelas VII H SMP Negeri 5 Kepanjen melalui pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan Konsep Zat, subpokok bahasan Wujud Zat dan Teori Partikel Zat dan Siklus II pokok bahasan Konsep Zat, subpokok bahasan Massa Jenis dan Massa Jenis Zat. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 di kelas VII H SMP Negeri 5 Kepanjen. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII H SMP Negeri 5 Kepanjen berjumlah 31 siswa.
Berdasarkan analisis hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 82,9% berada pada kualifikasi baik dan pada siklus II 93,4% berada pada kualifikasi sangat baik. Dari persentase sikap ilmiah siswa pada siklus I adalah 66% berada pada kualifikasi cukup baik, sedangkan pada siklus II 79,3% berada pada kuulifikasi baik. Dari data persentase keterlaksanaan pembelajaran dan sikap ilmiah siswa dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan.
Model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dapat meningkatkan prestasi belajar fisika, ini dilihat dari nilai prestasi belajar rata-rata pada siklus I adalah 73,5 yaitu berada pada kualifikasi cukup baik sedangkan pada siklus II 82,1 berada pada kualifikasi baik. Dilihat dari persentase ketuntasan belajar pada siklus I 64,2%, dan siklus II 85,7% mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar siswa kelas VII H SMP Negeri 5 Kepanjen.
2123575/SB/2016 | KKI 530 NAI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain