Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Problem Solving Dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Pada Topik Gerak Pada Benda Dan Pesawat Sederhana Kelas VIII-D SMP Nasional Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Problem Solving Dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Pada Topik Gerak Pada Benda Dan Pesawat Sederhana Kelas VIII-D SMP Nasional Malang

Marselina Ina Doken - Nama Orang; Dr. Sudi Dul Aji, M.Si - Nama Orang; Drs. Choirul Huda, M.Si - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran IPA kelas VIII-D SMP Nasional Malang masih bersifat teacher centered. Walaupun sudah menggunakan metode demonstrasi, LKS yang dikerjakan oleh siswa tidak dibahas sehingga siswa kurang memahami, dan masih terbatasnya ruang gerak siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan. Sehingga pembelajarannya kurang menyenangkan dan cenderung membosankan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kelas hanya mencapai 66.96 dan siswa yang memenuhi KKM hanya 18 siswa atau 58,06% dari 31 siswa, sedangkan KKM yang digunakan di sekolah adalah 75 dan standar klasikal minimal sebesar 70%.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII-D SMP Nasional Malang melalui Model Problem Solving dengan pendekatan CTL (contextual teaching and learning). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2015-2016 dikelas VIII D SMP Nasional Malang. Subjek penelitian ini berjumlah 31 siswa .
Model Problem Solving dengan Pendekatan CTL menunjukan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap keterlaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu pada siklus I memperoleh persentase 79,16%, dan siklus II memperoleh peningkatan yaitu menjadi 87,49%,dari hasil observasi keaktifan belajar siswa yaitu pada siklus I memperoleh persentase 70,32 %,dan siklus II memperoleh peningkatan yaitu menjadi 86,25%, Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa dengan nilai rata-rata pada siklus I adalah 67,61% dan pada siklus II adalah 75,06 %.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model Problem Solving dengan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII-D SMP Nasional Malang.


Ketersediaan
2123389/SB/2016KKI 530 DOK p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 DOK p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2016
Deskripsi Fisik
xiv, 89 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Skripsi
Pendekatan CTL ( contectual teaching and learning)
Model problem Solving
Meningkatkan Keaktifan Belajar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik