Electronic Resource
Penerapan Model Problem Solving Dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Pada Topik Gerak Pada Benda Dan Pesawat Sederhana Kelas VIII-D SMP Nasional Malang
Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran IPA kelas VIII-D SMP Nasional Malang masih bersifat teacher centered. Walaupun sudah menggunakan metode demonstrasi, LKS yang dikerjakan oleh siswa tidak dibahas sehingga siswa kurang memahami, dan masih terbatasnya ruang gerak siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan. Sehingga pembelajarannya kurang menyenangkan dan cenderung membosankan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kelas hanya mencapai 66.96 dan siswa yang memenuhi KKM hanya 18 siswa atau 58,06% dari 31 siswa, sedangkan KKM yang digunakan di sekolah adalah 75 dan standar klasikal minimal sebesar 70%.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII-D SMP Nasional Malang melalui Model Problem Solving dengan pendekatan CTL (contextual teaching and learning). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2015-2016 dikelas VIII D SMP Nasional Malang. Subjek penelitian ini berjumlah 31 siswa .
Model Problem Solving dengan Pendekatan CTL menunjukan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap keterlaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu pada siklus I memperoleh persentase 79,16%, dan siklus II memperoleh peningkatan yaitu menjadi 87,49%,dari hasil observasi keaktifan belajar siswa yaitu pada siklus I memperoleh persentase 70,32 %,dan siklus II memperoleh peningkatan yaitu menjadi 86,25%, Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa dengan nilai rata-rata pada siklus I adalah 67,61% dan pada siklus II adalah 75,06 %.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model Problem Solving dengan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII-D SMP Nasional Malang.
2123389/SB/2016 | KKI 530 DOK p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain