Electronic Resource
Pengaruh Strategi Pembelajaran Brain Based Learning Dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Ditinjau Dari Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 3 MAN Gondanglegi Tahun Ajaran 2014/2015
Dengan memberikan penjelasan menggunakan media, dengan sudut pandang yang dapat dilihat oleh setiap siswa, menarik dan membuat siswa merasa terlibat dalam permasalahan yang diajukan guru. Memberikan instruksi yang membuat siswa dapat mengaktifkan otak kanannya dengan melakukan gerakan, menunjukkan kreativitas, menggambar, berimajinasi, dan lain-lain. Memberikan pertanyaan yang menuntut siswa dapat mengkonstruksi pikirannya sehingga mereka dapat bekerja secara mandiri, dengan kata lain memberikan pertanyaan yang memunculkan ide/gagasan siswa. Memberikan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran serta dapat menyeimbangkan kerja otak kanan dan kiri siswa dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa. Dengan memberikan tindakan-tindakan seperti yang telah disebutkan diatas memberikan dampak peningkatan berpikir kritis. Apakah strategi pembelajaran Brain Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep yang ditinjau dari berpikir kritis siswa, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran Brain Based Learning dengan strategi pembelajaran Inkuiri Terbimbing. (2) Mengetahui perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kritis tinggi dengan siswa yang mempunyai kemampuan berpikir rendah. (3) Mengetahui pengaruh antara interaksi strategi pembelajaran dan berpikir kritis terhadap pemahaman konsep fisika.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pemahaman konsep fisika, antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran Brain Based Learning dengan siswa yang belajar dengan Inkuiri Terbimbing (Fhitung sebesar 6,990 pada taraf signifikan 0,012 < 0,05). (2) ada perbedaan pemahaman konsep fisika, antara siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kritis tinggi dengan siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kritis rendah (Fhitung sebesar 18,967 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05). (3) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan berpikir kritis terhadap pemahaman konsep fisika (Fhitung sebesar 1,006 pada taraf signifikan 0,447 > 0,05).
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Brain Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep yang ditinjau dari berpikir kritis, baik untuk siswa yang tergolong dalam kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen
2123386/SB/2016 | KKI 530 MUR p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain