Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Strategi Pembelajaran Brain Based Learning Dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Ditinjau Dari Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 3 MAN Gondanglegi Tahun Ajaran 2014/2015

Electronic Resource

Pengaruh Strategi Pembelajaran Brain Based Learning Dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Ditinjau Dari Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 3 MAN Gondanglegi Tahun Ajaran 2014/2015

Murniati - Nama Orang; Hena Dian Ayu, S.Si., M.Si., M.Pd. - Nama Orang; Dr. Sholikhan, S.Si., M.Pd. - Nama Orang;

Dengan memberikan penjelasan menggunakan media, dengan sudut pandang yang dapat dilihat oleh setiap siswa, menarik dan membuat siswa merasa terlibat dalam permasalahan yang diajukan guru. Memberikan instruksi yang membuat siswa dapat mengaktifkan otak kanannya dengan melakukan gerakan, menunjukkan kreativitas, menggambar, berimajinasi, dan lain-lain. Memberikan pertanyaan yang menuntut siswa dapat mengkonstruksi pikirannya sehingga mereka dapat bekerja secara mandiri, dengan kata lain memberikan pertanyaan yang memunculkan ide/gagasan siswa. Memberikan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran serta dapat menyeimbangkan kerja otak kanan dan kiri siswa dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa. Dengan memberikan tindakan-tindakan seperti yang telah disebutkan diatas memberikan dampak peningkatan berpikir kritis. Apakah strategi pembelajaran Brain Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep yang ditinjau dari berpikir kritis siswa, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran Brain Based Learning dengan strategi pembelajaran Inkuiri Terbimbing. (2) Mengetahui perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kritis tinggi dengan siswa yang mempunyai kemampuan berpikir rendah. (3) Mengetahui pengaruh antara interaksi strategi pembelajaran dan berpikir kritis terhadap pemahaman konsep fisika.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pemahaman konsep fisika, antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran Brain Based Learning dengan siswa yang belajar dengan Inkuiri Terbimbing (Fhitung sebesar 6,990 pada taraf signifikan 0,012 < 0,05). (2) ada perbedaan pemahaman konsep fisika, antara siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kritis tinggi dengan siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kritis rendah (Fhitung sebesar 18,967 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05). (3) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan berpikir kritis terhadap pemahaman konsep fisika (Fhitung sebesar 1,006 pada taraf signifikan 0,447 > 0,05).
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Brain Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep yang ditinjau dari berpikir kritis, baik untuk siswa yang tergolong dalam kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen


Ketersediaan
2123386/SB/2016KKI 530 MUR pPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 MUR p
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2016
Deskripsi Fisik
ix, 129 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
berpikir kritis
Pemahaman Konsep
Inkuiri Terbimbing
Brain Based Learning
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik