Electronic Resource
Pengaruh Model Brain Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VIII SMP Kartika IV-9 Kota Malang
Salah satu tuntutan pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang mampu memberdayakan secara optimal potensi otak sebagai modal utama untuk berfikir. Pembelajaran ini dikenal sebagai pembelajaran brain based learning. Setiap siswa memiliki kemampuan awal yang berbeda-beda, ada yang memiliki kemampuan awal tinggi dan ada yang memiliki kemampuan awal yang rendah. Apakah model pembelajaran brain based learning mampu meningkatkan pemahaman konsep baik siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi maupun rendah jika dibandingkan dengan metode konvensional, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) Ingin mengetahui apakah pemahaman konsep fisika siswa yang kemampuan awal tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah. 2) Ingin mengetahui apakah pemahaman konsep fisika antara pembelajaran brain based learning lebih baik daripada pembelajaran konvensional. 3) Ingin mengetahui apakah ada pengaruh antara interaksi model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) tidak ada perbedaan yang signifikan pemahaman konsep fisika siswa yang kemampuan awal tinggi dengan siswa yang kemampuan awal rendah (thitung 0,000 < ttabel = 0,05 taraf signifikan 5 %). 2) tidak ada perbedaan antara pemahaman konsep fisika antara pembelajaran brain based learning lebih baik daripada pembelajaran Konvensional (thitung 0,004 < ttabel = 0,05 pada taraf signifikansi 5 %). 3) ada interaksi antara model dengan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep (thitung 0,231 > ttabel = 0,05 pada taraf signifikansi 5 %).
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep baik untuk siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi maupun siswa yang memiliki kemampuan awal rendah, jika menggunakan dengan model pembelajaran brain based learning maupun konvensional
2123304/SB/2016 | KKI 530 NEL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain