Electronic Resource
Pengaruh Keadaan Ekonomi Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Kristen Petra Malang
Keberhasilan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga (orang tua), anggota masyarakat dan pemerintah. Pemerintah dan masyarakat menyediakan tempat untuk belajar yaitu sekolah. Sekolah menampung siswa-siswinya dari berbagai macam latar belakang atau kondisi sosial ekonomi yang berbeda, pada umumnya anak yang berasal dari keluarga menengah kaeatas lebih banyak mendapatkan pengarahan dan bimbingan yang baik dari orang tua mereka. Anak-anak yang berlatar belakang ekonomi rendah, kurang dapat mendapat bimbingan dan pengarahan yang cukup dari orang tua mereka, karena orang tua lebih memusatkan perhatiannya pada bagaimana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tujuan mengadakan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh keadaan sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Kristen Petra Malang. (2) Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Kristen Petra Malang. (3 ) Bagaimana pengaruh kondisi sosial ekonomi dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Kristen Petra Malang. Dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa kelas IX IPS SMA Kristen Petra tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 20 siswa dengan jumlah 20 orang tua siswa. Penelitian ini menggunakan desain non eksperimen dengan metode studi korelasi dan pendekatan cross sectional dimana peneliti melakukan pengukuran atau observasi pada variabel independen dan dependen hanya satu kali pada satu saat, dan menganalisa ada hubungan atau tidak antara dua variabel tersebut (Arikunto, 2006). Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan dapat diketahui besarnya pengaruh pada tingkat sosial ekonomi orang tua (XI) terhadap prestasi belajar (Y) memiliki nilai signifikasi 0,128 artinya nilai signifikasi lebih besar dari 0,05 maka diakatan tidak ada pengaruh yang signifikan antara tingkat sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan data yang diolah melalui data angket dapat dijabarkan bahwa X2 total menunjukkan nilai 0,001 N=20 artinya X2 terhadap Y signifikan sehingga disimpulkan ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Petra Malang .Berdasarkan data yang diolah melalui data angket dapat dijabarkan bahwa (1) Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan dapat diketahui besarnya pengaruh pada tingkat sosial ekonomi orang tua (XI) terhadap prestasi belajar (Y) memiliki nilai signifikasi 0,128 artinya nilai signifikasi lebih besar dari 0,05 maka diakatan tidak ada pengaruh yang signifikan antara tingkat sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa. ( 2) Berdasarkan data yang diolah melalui data angket dapat dijabarkan bahwa X2 total menunjukkan nilai 0,001 N=20 artinya X2 terhadap Y signifikan sehingga disimpulkan ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Petra Malang . Hal ini dapat disimpulkan bahwa dalam analisis uji t pada hipotesis maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan
2122821/SB/2016 | KKI 910 KPA p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain