Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Keadaan Ekonomi Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Kristen Petra Malang

Electronic Resource

Pengaruh Keadaan Ekonomi Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Kristen Petra Malang

Sesillia Novisia K.Patu - Nama Orang; Drs. Soetjipto T.H,SE.,M.Pd - Nama Orang; Achmad Maulana Malik Jamil,S.Si.,M.Eng - Nama Orang;

Keberhasilan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga (orang tua), anggota masyarakat dan pemerintah. Pemerintah dan masyarakat menyediakan tempat untuk belajar yaitu sekolah. Sekolah menampung siswa-siswinya dari berbagai macam latar belakang atau kondisi sosial ekonomi yang berbeda, pada umumnya anak yang berasal dari keluarga menengah kaeatas lebih banyak mendapatkan pengarahan dan bimbingan yang baik dari orang tua mereka. Anak-anak yang berlatar belakang ekonomi rendah, kurang dapat mendapat bimbingan dan pengarahan yang cukup dari orang tua mereka, karena orang tua lebih memusatkan perhatiannya pada bagaimana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tujuan mengadakan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh keadaan sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Kristen Petra Malang. (2) Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Kristen Petra Malang. (3 ) Bagaimana pengaruh kondisi sosial ekonomi dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Kristen Petra Malang. Dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa kelas IX IPS SMA Kristen Petra tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 20 siswa dengan jumlah 20 orang tua siswa. Penelitian ini menggunakan desain non eksperimen dengan metode studi korelasi dan pendekatan cross sectional dimana peneliti melakukan pengukuran atau observasi pada variabel independen dan dependen hanya satu kali pada satu saat, dan menganalisa ada hubungan atau tidak antara dua variabel tersebut (Arikunto, 2006). Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan dapat diketahui besarnya pengaruh pada tingkat sosial ekonomi orang tua (XI) terhadap prestasi belajar (Y) memiliki nilai signifikasi 0,128 artinya nilai signifikasi lebih besar dari 0,05 maka diakatan tidak ada pengaruh yang signifikan antara tingkat sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan data yang diolah melalui data angket dapat dijabarkan bahwa X2 total menunjukkan nilai 0,001 N=20 artinya X2 terhadap Y signifikan sehingga disimpulkan ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Petra Malang .Berdasarkan data yang diolah melalui data angket dapat dijabarkan bahwa (1) Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan dapat diketahui besarnya pengaruh pada tingkat sosial ekonomi orang tua (XI) terhadap prestasi belajar (Y) memiliki nilai signifikasi 0,128 artinya nilai signifikasi lebih besar dari 0,05 maka diakatan tidak ada pengaruh yang signifikan antara tingkat sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa. ( 2) Berdasarkan data yang diolah melalui data angket dapat dijabarkan bahwa X2 total menunjukkan nilai 0,001 N=20 artinya X2 terhadap Y signifikan sehingga disimpulkan ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Petra Malang . Hal ini dapat disimpulkan bahwa dalam analisis uji t pada hipotesis maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan


Ketersediaan
2122821/SB/2016KKI 910 KPA pPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 KPA p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2015
Deskripsi Fisik
viii, 49 hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Tingkat Pendidikan
Skripsi
Pedapatan Ekonomi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik